Peningkatan keaktifan pada ranah afektif siswa dalam pembelajaran lompat kauh dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Plososari III Kecamatan Grati Pasuruan / Usamah

Main Author: Usamah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49703/
Daftar Isi:
  • KatakunciKeaktifansiswaLompatjauhMetodebermain.BerdasarkanhasilobservasiawaldiperolehhasilbahwasiswakelasIVSDNPlososariIIIkurangaktifdalampembelajaranlompatjauh.Datainiberdasarkanhasilobservasidilapangandenganpersentasekeaktifansiswayangtergolongrendahyaitu31%.Halinidisebabkankarenasiswatidakbersungguh-sungguhdalampembelajaransiswatidakaktifmeresponinstruksigurusiswatidakmenampakkanperasaansenangdansiswakuranggiatdalammemahamidanmenguasaigerakan.Olehkarenaitudiperlukanmetodeyangmemilikiunsurmenyenangkansehinggasiswasenangdanaktifmengikutipembelajaransalahsatunyaadalahdenganmetodebermain.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompatjauhdikelasIVSDNPlososariIII.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklustiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPlososariIIIGrati.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasicatatanlapangan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodebermainmampumeningkatkankeaktifansiswa.Peningkatankeaktifansiswapadasaatpembelajaranpadasiklus1mencapai7404%.Sedangkanpadasiklus2keaktifansiswapadasaatpembelajaranmencapai8077%berdasarkan4indikatorkeaktifanyaitusiswabersungguh-sungguhsaatpembelajaransiswaaktifmeresponinstruksigurusiswaberusahamenciptakansuasanapembelajaranyangmenyenangkansiswagiatdalamupayamemahamidanmenguasaigerakan.BerdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankanbagiguruPendidikanJasmanidiSDpenerapanmetodebermaindapatdijadikanalternatifpilihandalampembelajaranlompatjauhkarenaberdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodebermaindapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNPlososariIIIGratiPasuruan.