Peningkatan keaktifan pada ranah afektif siswa dalam pembelajaran lompat kauh dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Plososari III Kecamatan Grati Pasuruan / Usamah
Main Author: | Usamah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49703/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKeaktifansiswaLompatjauhMetodebermain.BerdasarkanhasilobservasiawaldiperolehhasilbahwasiswakelasIVSDNPlososariIIIkurangaktifdalampembelajaranlompatjauh.Datainiberdasarkanhasilobservasidilapangandenganpersentasekeaktifansiswayangtergolongrendahyaitu31%.Halinidisebabkankarenasiswatidakbersungguh-sungguhdalampembelajaransiswatidakaktifmeresponinstruksigurusiswatidakmenampakkanperasaansenangdansiswakuranggiatdalammemahamidanmenguasaigerakan.Olehkarenaitudiperlukanmetodeyangmemilikiunsurmenyenangkansehinggasiswasenangdanaktifmengikutipembelajaransalahsatunyaadalahdenganmetodebermain.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompatjauhdikelasIVSDNPlososariIII.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklustiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPlososariIIIGrati.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasicatatanlapangan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodebermainmampumeningkatkankeaktifansiswa.Peningkatankeaktifansiswapadasaatpembelajaranpadasiklus1mencapai7404%.Sedangkanpadasiklus2keaktifansiswapadasaatpembelajaranmencapai8077%berdasarkan4indikatorkeaktifanyaitusiswabersungguh-sungguhsaatpembelajaransiswaaktifmeresponinstruksigurusiswaberusahamenciptakansuasanapembelajaranyangmenyenangkansiswagiatdalamupayamemahamidanmenguasaigerakan.BerdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankanbagiguruPendidikanJasmanidiSDpenerapanmetodebermaindapatdijadikanalternatifpilihandalampembelajaranlompatjauhkarenaberdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodebermaindapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNPlososariIIIGratiPasuruan.