Peningkatan pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap menggunakan metode bermain pada siswa kelas 3 Bagian C (tunagrahita) Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lawang / Mohammad Zainuri

Main Author: Zainuri, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49679/
Daftar Isi:
  • KatakunciPeningkatanPembelajaranGerakDasarMelempardanMenangkapMetodeBermainTunagrahitaPraktekpembelajaranPenjasorkesdiSDLBPembinaTingkatNasionalLawangmasihbelummaksimalHalinibisadilihatdarihasilobservasiawaldiperolehhasilbahwapembelajarangerakmelempardanmenangkapsiswakelasIIIbagianC(tunagrahita)ternyatakesalahanyangbanyakmunculadalahsikapkakisikaptangandanprosespembelajaranyangmembosankan.JumlahsiswakelasIIIBagianCadalah6siswadarihasilobservasiyangtelahdiperoleh6siswamengalamikesulitanantaralainsiswakurangmenguasaiteknikmelempardanmenangkapdenganbenarsiswamudahmerasabosandenganpembelajaranPenjasorkessiswacenderungseenaknyasendiridansiswalebihsenangdengankegitanbermain.OlehkarenaituperluadanyapenyampaianmateridenganmetodebaruyaitudenganmetodebermainyangbertujuanuntukmeningkatkanminatdanmotivasisiswadalammengikutipembelajaranPenjasorkes.Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanpembelajarangerakdasarmelempardanmenangkapmenggunakanmetodebermainpada6siswakelasIIIBagianC(Tunagrahita)SekolahDasarLuarBiasaPembinaTingkatNasional.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.Subjekdalampenelitianiniadalah6siswakelasIIIBagianC(Tunagrahita).Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikwawancarapengamatandandokumentasi.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswadaripertemuankepertemuan.PadasiklusIternyatasemuasiswasudahmemenuhistandarketuntasanminimalyaitudiatas76.Darihasiltersebutmenunjukkanadanyapeningkatanterhadappenguasaanmateri.MeskipunpadasiklusIsemuasiswasudahmemenuhistandarketuntasanminimalnamunsiklusIItetapdilakukansebagaipemantapanmaterigerakdasarmelempardanmenangkap.Selainhaltersebutdiperolehhasilpersentasekeberhasilansebagaiberikutaspekpsikomotor4791%aspekafektif2767%aspekkognitif1750%danapabiladijumlahhasilkeberhasilansiswamencapai9308%.PenelitimenyarankanbagigurubermanfaatuntukmemperkayapengetahuandanmodelpembelajarangerakdasarmelempardanmenangkapyangsudahdiperbaikibagisiswadigunakansebagaipedomanbelajarbagisekolahdigunakansebagaitolakukurkeberhasilanpembelajaranPenjasorkesdanbagipenelitidapatdigunakansebagaisumberreferensibagimahasiswayangmelakukanpenelitianyangberkaitandenganmateripadaskripsiini.