Meningkatkan kemenarikan pembelajaran lari estafet menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu / Indraswari Amelia
Main Author: | Amelia, Indraswari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49671/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKemenarikanPembelajaranLariEstafetKooperatifModelTGTOlahragaatletikdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.LariestafetmerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandiSDMuhammadiyah04kotabatukhususnyapadasiswakelasIVdiharapkandalampembelajaraninisiswabisaikutberperanaktifdalampembelajarantetapidalamkenyataanyangadadilapanganditemuifaktabahwasiswatidaksenangdankurangaktifdalampelaksanaanpembelajaranlariestafet.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemenarikanpembelajaranlariestafetsetelahmengunakanpendekatanpembelajarankooperatifmodelTGT.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteslembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajaranlariestafetmengunakanpendekatankooperatifmodelTGT.MelaluipembelajarankooperatifmodelTGTinisiswamelakukanlariestafetdalambentukpermaianandanperlombaandalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragalariestafet.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama3siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwakemenarikanpembelajaranmengunakanpendekatankooperatifmodelTGTpadasiswakelasIVSDMuhammadiyah04KotaBatumengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1dariperhatiandalampembelajaransebesar4702%2)senangdalampembelajaransebesar5192%3)motivasidalampembelajaran5384%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar4903%.Hasiltindakansiklus2dariperhatiandalampembelajaransebesar6345%2)senangdalampembelajaransebesar6538%3)motivasidalampembelajaran6922%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar7211%..Hasiltindakansiklus3dariperhatiandalampembelajaransebesar8942%2)senangdalampembelajaransebesar8845%3)motivasidalampembelajaran8653%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar9230%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPembelajaranLariEstafetDenganPendekatanKooperatifModelTGTdapatMeningkatkanKemenarikanPembelajaranSiswaKelasIVSDMuhammadiyah04KotaBatu.