Meningkatkan kemenarikan pembelajaran lari estafet menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu / Indraswari Amelia

Main Author: Amelia, Indraswari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49671/
Daftar Isi:
  • KataKunciKemenarikanPembelajaranLariEstafetKooperatifModelTGTOlahragaatletikdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.LariestafetmerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandiSDMuhammadiyah04kotabatukhususnyapadasiswakelasIVdiharapkandalampembelajaraninisiswabisaikutberperanaktifdalampembelajarantetapidalamkenyataanyangadadilapanganditemuifaktabahwasiswatidaksenangdankurangaktifdalampelaksanaanpembelajaranlariestafet.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemenarikanpembelajaranlariestafetsetelahmengunakanpendekatanpembelajarankooperatifmodelTGT.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteslembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajaranlariestafetmengunakanpendekatankooperatifmodelTGT.MelaluipembelajarankooperatifmodelTGTinisiswamelakukanlariestafetdalambentukpermaianandanperlombaandalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragalariestafet.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama3siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwakemenarikanpembelajaranmengunakanpendekatankooperatifmodelTGTpadasiswakelasIVSDMuhammadiyah04KotaBatumengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1dariperhatiandalampembelajaransebesar4702%2)senangdalampembelajaransebesar5192%3)motivasidalampembelajaran5384%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar4903%.Hasiltindakansiklus2dariperhatiandalampembelajaransebesar6345%2)senangdalampembelajaransebesar6538%3)motivasidalampembelajaran6922%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar7211%..Hasiltindakansiklus3dariperhatiandalampembelajaransebesar8942%2)senangdalampembelajaransebesar8845%3)motivasidalampembelajaran8653%4)keinginanlebihlamauntukbelajarsebesar9230%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPembelajaranLariEstafetDenganPendekatanKooperatifModelTGTdapatMeningkatkanKemenarikanPembelajaranSiswaKelasIVSDMuhammadiyah04KotaBatu.