Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain / Arif Faisol Halim

Main Author: Halim , Arif Faisol
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49666/
Daftar Isi:
  • KataKunciketerampilanmerodapembelajaransenamlantaibermainMerodaadalahsuatugerakanmemutarkesampingyangpadasuatusaatbertumpupadakeduatangandengankeduakakiterbukalebar.BerdasarkanobservasiawaldiperolehhasilbahwapenguasaanketerampilanmerodapadapembelajaransenamlantaisiswakelasVIIIBSMPNegeri7Malangternyatakesalahanyangbanyakmunculdilapanganadalahpadaposisitanganposisitungkaidansikapakhir.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanmerodapadapembelajaransenamlantaisiswakelasVIIIBSMPNegeri7Malangdenganmenggunakanpendekatanbermain.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBSMPNegeri7Malang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasidantes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanmerodapadapembelajaransenamlantaisiswakelasVIIIBSMPNegeri7Malangmengalamipeningkatan.Halinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukanketerampilanmerodasetelahdiberitindakanpadasiklus1.Hasilnyadari32siswaada30siswamampumelakukangerakanyangbenarpadasikapawaldenganpersentase9375%dengankategoribaik27siswamampumelakukangerakanbenarpadaposisitangandenganpersentase8437%dengankategoribaik25siswamampumelakukangerakanyangbenarpadaposisitungkaidenganpersentase7812%dengankategoribaikdan26siswamampumelakukangerakanyangbenarpadasikapakhirdenganpersentase8125%dengankategoribaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaransenamlantaidenganpendekatanbermaindapatmeningkatkanketerampilanmerodapadapembelajaransenamlantaisiswakelasVIIIBSMPNegeri7Malang.