Evaluasi dan komparasi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2011 - 2012 pada mata pelajaran Dikjasorkes di SMP Negeri dan SMP Swasta se Kota Malang dengan pendekatan evaluasi model CIPP / Moh.Fathur Rohman
Main Author: | Rohman, Moh. Fathur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49657/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikurikulumpendidikanjasmanievaluasikomparasiCIPP.KurikulumTingkatSatuanPendidikanmerupakankurikulumyangbersifatdesentralisasi.Setiapgurudisekolahharusmembuatstrukturkurikulumsendiribersamasekolahtermasukgurupendidikanjasmaniolahragadankesehatan.PelaksanaanKTSPdalampembelajaranpendidikanjasmanidisetiapsekolahtidaksamahalinidisebabkankarenaprosespembelajaranyangsesuaidenganKTSPharusmenyesuaikankondisisekolah.SetiapsekolahmemilikikondisilingkunganpotensidancaramenerapkanKTSPdalampembelajaranyangberbeda.DenganadanyaperbedaantersebutmakadimungkinkanadaperbedaankarakteristikpadapelaksanaanKTSPdisetiapsekolahberawaldaripermasalahantersebutpenulismencobauntukmengetahuibagaimanapelaksanaanKTSPdiSMPNegeridanSMPSwastase-KotaMalang.TujuandarievaluasiiniadalahuntukmengetahuitingkatpelaksanaanKTSPpadamatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandenganmenggunakanmodelevaluasiCIPPsertamembandingkanpelaksanaanKTSPmatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPSwastadanSMPNegerise-KotaMalang.MetodeyangdigunakandalamevaluasiiniadalahdeskriptifpersentasedenganpendekatanmodelevaluasiCIPP(contextinputprocessproduct)sertadengananalisisdataparametrisdannonparametrismenggunakanujitindependentsampletestdanmann-whitneysampletest.HasilevaluasiinisebagaiberikutdiSMPNegeridiperolehhasilvariabelkonteksgurusangatbaikdenganskor80%kontekssiswasangatbaikdengan82%konteksurusankurikulumbaikdenganskor708%inputgurusangatbaikdenganskor37inputsiswabaikdenganskor31inputurusankurikulumbaikdengan27padavariabelprosesrata-ratamemilikikeunggulandanpeluanglebihnbanyakdibandingkankelemahandanancamanyangdimilikisertapadavariabelprodukdenganhasilsangatmemuaskan.SedangkandiSMPSwastadiperolehhasilvariabelkonteksgurubaikdenganskor696%siswasangatbaikdengan80%urusankurikulumbaikdengan692%padavariabelinputgurusangatbaikdenganskor35siswasangatbaikdengan29danurusankurikulumsangatbaikdengan25padaveriabelprosesdiSMPSwastarata-ratamemilikikeunggulandanpeluanglebihbanyakdaripadakelemahandanancamanyangdimilikisertapadavariabelprodukdenganhasil4dari5sekolahsangatmemuaskandansatusekolahmemuaskan.DarihasilanalisisujibedakomparatifduasampeldiperolehhasilbahwasecarakeseluruhantidakadaperbedaanyangsignifikanpelaksanaanKTSPDikjasorkesantaraSMPNegeridenganSMPSwasta.Berdasarkanhasildatatersebutdiperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PelaksanaanKurikulumTingkatSatuanPendidikanpadamatapelajaranpendidikanjasmanikelasVIIIsemesterItahunajaran2011/2012diSMPSwastadanSMPNegerise-KotaMalangadalahbaiksehinggaKTSPsebagaikurikulumyangdigunakandapatdilanjutkandengancatatanbahwaperluadanyapengkajianlebihlanjutmengenaiSKdanKDyangdibebankankepadaparaguruuntukdisampaikanpadasiswakarenadirasakanterlalubanyakdenganketerbatasanwaktuyangmayoritastidakmencukupisertasaranayangmendukungmasihkurangdanperludiperbaiki.