Evaluasi dan komparasi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2011 - 2012 pada mata pelajaran Dikjasorkes di SMP Negeri dan SMP Swasta se Kota Malang dengan pendekatan evaluasi model CIPP / Moh.Fathur Rohman

Main Author: Rohman, Moh. Fathur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49657/
Daftar Isi:
  • KataKuncikurikulumpendidikanjasmanievaluasikomparasiCIPP.KurikulumTingkatSatuanPendidikanmerupakankurikulumyangbersifatdesentralisasi.Setiapgurudisekolahharusmembuatstrukturkurikulumsendiribersamasekolahtermasukgurupendidikanjasmaniolahragadankesehatan.PelaksanaanKTSPdalampembelajaranpendidikanjasmanidisetiapsekolahtidaksamahalinidisebabkankarenaprosespembelajaranyangsesuaidenganKTSPharusmenyesuaikankondisisekolah.SetiapsekolahmemilikikondisilingkunganpotensidancaramenerapkanKTSPdalampembelajaranyangberbeda.DenganadanyaperbedaantersebutmakadimungkinkanadaperbedaankarakteristikpadapelaksanaanKTSPdisetiapsekolahberawaldaripermasalahantersebutpenulismencobauntukmengetahuibagaimanapelaksanaanKTSPdiSMPNegeridanSMPSwastase-KotaMalang.TujuandarievaluasiiniadalahuntukmengetahuitingkatpelaksanaanKTSPpadamatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandenganmenggunakanmodelevaluasiCIPPsertamembandingkanpelaksanaanKTSPmatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPSwastadanSMPNegerise-KotaMalang.MetodeyangdigunakandalamevaluasiiniadalahdeskriptifpersentasedenganpendekatanmodelevaluasiCIPP(contextinputprocessproduct)sertadengananalisisdataparametrisdannonparametrismenggunakanujitindependentsampletestdanmann-whitneysampletest.HasilevaluasiinisebagaiberikutdiSMPNegeridiperolehhasilvariabelkonteksgurusangatbaikdenganskor80%kontekssiswasangatbaikdengan82%konteksurusankurikulumbaikdenganskor708%inputgurusangatbaikdenganskor37inputsiswabaikdenganskor31inputurusankurikulumbaikdengan27padavariabelprosesrata-ratamemilikikeunggulandanpeluanglebihnbanyakdibandingkankelemahandanancamanyangdimilikisertapadavariabelprodukdenganhasilsangatmemuaskan.SedangkandiSMPSwastadiperolehhasilvariabelkonteksgurubaikdenganskor696%siswasangatbaikdengan80%urusankurikulumbaikdengan692%padavariabelinputgurusangatbaikdenganskor35siswasangatbaikdengan29danurusankurikulumsangatbaikdengan25padaveriabelprosesdiSMPSwastarata-ratamemilikikeunggulandanpeluanglebihbanyakdaripadakelemahandanancamanyangdimilikisertapadavariabelprodukdenganhasil4dari5sekolahsangatmemuaskandansatusekolahmemuaskan.DarihasilanalisisujibedakomparatifduasampeldiperolehhasilbahwasecarakeseluruhantidakadaperbedaanyangsignifikanpelaksanaanKTSPDikjasorkesantaraSMPNegeridenganSMPSwasta.Berdasarkanhasildatatersebutdiperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PelaksanaanKurikulumTingkatSatuanPendidikanpadamatapelajaranpendidikanjasmanikelasVIIIsemesterItahunajaran2011/2012diSMPSwastadanSMPNegerise-KotaMalangadalahbaiksehinggaKTSPsebagaikurikulumyangdigunakandapatdilanjutkandengancatatanbahwaperluadanyapengkajianlebihlanjutmengenaiSKdanKDyangdibebankankepadaparaguruuntukdisampaikanpadasiswakarenadirasakanterlalubanyakdenganketerbatasanwaktuyangmayoritastidakmencukupisertasaranayangmendukungmasihkurangdanperludiperbaiki.