Pengembangan pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sarongi Kabupaten Sumenep / Susdiono
Main Author: | Susdiyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49646/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganpembelajaranlompatjauhgayamenggantunggayamengajarresiprokalPembelajaranadalahsuatubentukkegiatanyangdilakukanolehgurudalammenyampaikanpesanataumaterikepadasiswasehinggatujuanpembelajarandapattercapaisecaraefektifdanefesien.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpenelititerhadapgurupendidikanjasmanidiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumeneppadatanggal31Januari2011tentangpembelajaranteknikdasarlompatjauhgayamenggantungmasihbanyaksiswayangmerasakesulitanuntukmelakukanteknikdasarlompatjauhgayamenggantungdenganbaikdantingkatkeaktifansiswadalamprosespembelajaranmasihkurang.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurupendidikanjasmaniSMPNegeri1saronggikabupatensumenepmakaakandilakukanpengembanganmodelpembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanstrategigayamengajaryangsesuaiagardapatmeningkatkanketerampilankeaktifandanpemahamansiswadalampembelajaranteknikdasarlompatjauhgayamenggantung.RumusanmasalahdalampenelitianiniyaitusiswakelasVIISMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenepmerasakesulitanuntukmelakukanteknikdasarlompatjauhgayamenggantungdenganbaikdantingkatkeaktifansiswamasihkurang.TujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanmodelpembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakangayamengajarresiprokaluntuksiswakelasVIISMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenep.Denganadanyapengembanganmodelpembelajaraninidiharapkansiswamampumemahamiterampilmelakukandanmengevaluasiteknikdasarlompatjauhgayamenggantungmelaluaipemahamanperagaanlatihandanpengamatanyangdilakukansecaraberpasangan.ModelpengembanganlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakangayamengajarresiprokaluntuksiswakelasVIIdiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenepinimenggunakanmodelpengembanganResearchandDevelopmentdariBorgandGallyangdimodifikasipenelitihanyamengambil7langkahdari10langkahyangada.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenep.Subjekujicobaterdiridari(1)tinjauanahliterdiriatas1ahlipembelajaranpendidikanjasmani1ahliatletik(2)ujicobakelompokkecildenganmelibatkan8siswakelasVIIdiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenep(3)ujicobakelompokbesardenganmelibatkan40siswakelasVIIdiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenep.Darihasilujicoba(kelompokkecil)diperolehbahwaseluruhaspekdalampengembanganpembelajaranteknikdasarlompatjauhgayamengantungdenganmenggunakangayamengajarresiprokaluntuksiswakelasVIIdiSMPNegeri1SaronggiKabupatenSumenepdenganpersentase6961%denganmaknadigunakan.Sedangkanhasilujilapangan(kelompokbesar)diperolehdenganpersentase8901%denganmaknadigunakan.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankansebaiknyasubjekpenelitianinidilakukanpadayanglebihluasmaupunkepadasiswakelasVIIdisekolahlain.