Meningkatkan efektivitas pembeajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Dwi Catur Andy Saputro

Main Author: Saputro, Dwi Catur Andy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49637/
Daftar Isi:
  • KataKunciefektivitaspembelajarangayamembelakangibermainberlombaOlahragaatletikdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.Tolakpelurugayamembelakangiadalahsalahsatunomerlempardaricabangatletik.Melaluipembelajarantolakpelurugayamembelakangidiharapkansiswalebihsenangaktifpahamterhadapmateridanterampildalampenguasaan.BerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwaefektivitaspembelajarantolakpelurugayamembelakangidiSMPNegeri1Wlingimasihkurangoptimal.Siswamasihbanyakyangtidaksenangtidakmemperhatikandantidakaktifdidalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanefektivitaspembelajarantolakpelurusetelahmelakukanbermaindanberlomba.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteslembarobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlomba.Melaluibermaindanberlombainisiswamelakukantolakpelurusambilbermaindalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragatolakpeluru.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama3siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwaketerampilanmelakukantekniktolakpelurugayamembelakangisiswakelasVIIICSMPNegeri1Wlingimengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar5558%2)keaktifandalampembelajaransebesar4632%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar4758%4)senang/enjoydalampembelajaransebesar5073%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar6764%.Hasiltindakansiklus2daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar7426%2)keaktifandalampembelajaransebesar6764%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar6397%4)senang/enjoydalampembelajaransebesar6764%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar8823%.Hasiltindakansiklus3daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar8529%2)keaktifandalampembelajaransebesar8455%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar8237%4)senangdalampembelajaransebesar875%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar100%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlombadapatmeningkatkanefektivitaspembelajaransiswakelasVIIICSMPNegeri1WlingiKabupatenBlitar.