Meningkatkan efektivitas pembeajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Dwi Catur Andy Saputro
Main Author: | Saputro, Dwi Catur Andy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49637/ |
Daftar Isi:
- KataKunciefektivitaspembelajarangayamembelakangibermainberlombaOlahragaatletikdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.Tolakpelurugayamembelakangiadalahsalahsatunomerlempardaricabangatletik.Melaluipembelajarantolakpelurugayamembelakangidiharapkansiswalebihsenangaktifpahamterhadapmateridanterampildalampenguasaan.BerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwaefektivitaspembelajarantolakpelurugayamembelakangidiSMPNegeri1Wlingimasihkurangoptimal.Siswamasihbanyakyangtidaksenangtidakmemperhatikandantidakaktifdidalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanefektivitaspembelajarantolakpelurusetelahmelakukanbermaindanberlomba.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteslembarobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlomba.Melaluibermaindanberlombainisiswamelakukantolakpelurusambilbermaindalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragatolakpeluru.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama3siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwaketerampilanmelakukantekniktolakpelurugayamembelakangisiswakelasVIIICSMPNegeri1Wlingimengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar5558%2)keaktifandalampembelajaransebesar4632%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar4758%4)senang/enjoydalampembelajaransebesar5073%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar6764%.Hasiltindakansiklus2daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar7426%2)keaktifandalampembelajaransebesar6764%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar6397%4)senang/enjoydalampembelajaransebesar6764%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar8823%.Hasiltindakansiklus3daripenguasaangerakdalampembelajaransebesar8529%2)keaktifandalampembelajaransebesar8455%3)orientasibelajardaripadabermainsebesar8237%4)senangdalampembelajaransebesar875%5)pemahamanmateridalampembelajaransebesar100%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlombadapatmeningkatkanefektivitaspembelajaransiswakelasVIIICSMPNegeri1WlingiKabupatenBlitar.