Peningkatan keterampilan lempar lembing gaya jingkat dengan menggunakan metode bermain modifikasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Bagus Wahyu Nugroho

Main Author: Nugroho, Bagus Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49628/
Daftar Isi:
  • KatakunciPeningkatanKeterampilanLemparLembingGayaJingkatMetodeBermainModifikasi.Lemparlembinggayajingkatmerupakanketerampilanmelemparkanlembingdengandidahuliawalanberjingkat.LemparLembingmerupakansalahsatumateriatletikyangyangterdapatdalamstandarkompetensiSekolahMenengahPertamaKelasVIII.Salahsatukompetensidasarnyayaitusiswamenguasaiketerampilanlemparlembing.BerdasarkanhasilobservasiawaldiperolehhasilbahwapenguasaanketerampilanlemparlembinggayajingkatVIIIASMPNegeri2Rejotanganmasihkurang.JumlahsiswakelasVIIIAadalah25siswa14diantaranyalaki-lakidan11siswaperempuandarihasilobservasiyangtelahdilakukandiketahuibahwadarijumlahkeseluruhansiswayaitu25ternyata18siswamasihbelummencapaiSKMyangtelahyangditentukanyaitu75.Haltersebutdikarenakanbeberapasebabsepertibentukfisikmalaskurangkonsentrasidankurangmengetahuiteknik.Olehkarenaituperluadanyametodebaruuntukpenyampaianmateriyaitudenganpenerapanmetodebermainuntukmenghindarkansiswamenjadibosandankurangkreatifdalammenenerimapelajaranagarpembelajarandapatberhasildenganbaikmakaunsur-unsurbermainharusdiperhatikankarenaunsuryangterkandungdalampermainanadalahkegembiraandankeceriaan.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanketerampilanlemparlembinggayajingkatsiswakelasVIIIASMPNegeri2Rejotangan.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluisatusiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIASMPNegeri2Rejotangan.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasites.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswa.Padaobservasiawalsiswayangpadaawalnya18orangyangbelummemenuhistandarketuntasanminimalyaitu75berkurangmenjadi2siswayangbelummemenuhistandarketuntasanminimal.Darihasiltersebutmenunjukanpeningkatanterhadappenguasaanketerampilanlemparlembinggayajingkatyangterlihatdariperbandinganhasilpre-testyangdilaksanakanpadasaatpratindakandenganhasilpost-testyangdiberikanpadaakhirpenerapan.Selainhasilpersentasimengenaiketerampilanlemparlembinggayajingkatdiperolehpulahasildaripengamatansikapsiswapadasaatprosespembelajaranpadasiklus1pertemuan1siswamasihmelakukanpemanasansendiritanpadidampingiolehgurusiswayangterlambattidakditegurolehgurusiswayangmenyimpangtidaksegeraditegurolehgurudansiswatidakmemperhatikanpenjelasangurusaatgurumenjelaskan.Namunpadapertemuan2sudahterlihatpeningkatanyangcukupbaikdibandingkandenganpertemuanIpadapertemuan3inisudahtidakadasiswayangterlambatsiswamenjadilebihdisiplinsiswamelakukanprosesbelajardenganbaikdansiswasudahmenguasaiketerampilanlemparlembinggayajingkatdenganbaikdanbenar.Walaupunpadapost-testsiklusIinimasihterdapatsiswayangbelumtuntasiniadalahwajarkarenacukupsulituntukmencapaitarafkeberhasilan100%siswatuntassemua.Penelitimenyarankanbagigurubermanfaatuntukmemperkayapengetahuandanmodelpembelajaranlemparlebinggayajingkatyangsudahdiperbaikibagisiswadigunakansebagaipedomanbelajarbagisekolahdapatdigunakansebagaitolok/patokanukuruntukkeberhasilanpembelajanPendidikanJasmanidanbagipenelitidapatdigunakansebagaisumberreferensibagimahasiswayangmelakukanpenelitian.yangberkaitandenganmateripadaskripsiini.