Peningkatan keterampilan lempar lembing gaya jingkat dengan menggunakan metode bermain modifikasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Bagus Wahyu Nugroho
Main Author: | Nugroho, Bagus Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49628/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPeningkatanKeterampilanLemparLembingGayaJingkatMetodeBermainModifikasi.Lemparlembinggayajingkatmerupakanketerampilanmelemparkanlembingdengandidahuliawalanberjingkat.LemparLembingmerupakansalahsatumateriatletikyangyangterdapatdalamstandarkompetensiSekolahMenengahPertamaKelasVIII.Salahsatukompetensidasarnyayaitusiswamenguasaiketerampilanlemparlembing.BerdasarkanhasilobservasiawaldiperolehhasilbahwapenguasaanketerampilanlemparlembinggayajingkatVIIIASMPNegeri2Rejotanganmasihkurang.JumlahsiswakelasVIIIAadalah25siswa14diantaranyalaki-lakidan11siswaperempuandarihasilobservasiyangtelahdilakukandiketahuibahwadarijumlahkeseluruhansiswayaitu25ternyata18siswamasihbelummencapaiSKMyangtelahyangditentukanyaitu75.Haltersebutdikarenakanbeberapasebabsepertibentukfisikmalaskurangkonsentrasidankurangmengetahuiteknik.Olehkarenaituperluadanyametodebaruuntukpenyampaianmateriyaitudenganpenerapanmetodebermainuntukmenghindarkansiswamenjadibosandankurangkreatifdalammenenerimapelajaranagarpembelajarandapatberhasildenganbaikmakaunsur-unsurbermainharusdiperhatikankarenaunsuryangterkandungdalampermainanadalahkegembiraandankeceriaan.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanketerampilanlemparlembinggayajingkatsiswakelasVIIIASMPNegeri2Rejotangan.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluisatusiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIASMPNegeri2Rejotangan.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasites.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswa.Padaobservasiawalsiswayangpadaawalnya18orangyangbelummemenuhistandarketuntasanminimalyaitu75berkurangmenjadi2siswayangbelummemenuhistandarketuntasanminimal.Darihasiltersebutmenunjukanpeningkatanterhadappenguasaanketerampilanlemparlembinggayajingkatyangterlihatdariperbandinganhasilpre-testyangdilaksanakanpadasaatpratindakandenganhasilpost-testyangdiberikanpadaakhirpenerapan.Selainhasilpersentasimengenaiketerampilanlemparlembinggayajingkatdiperolehpulahasildaripengamatansikapsiswapadasaatprosespembelajaranpadasiklus1pertemuan1siswamasihmelakukanpemanasansendiritanpadidampingiolehgurusiswayangterlambattidakditegurolehgurusiswayangmenyimpangtidaksegeraditegurolehgurudansiswatidakmemperhatikanpenjelasangurusaatgurumenjelaskan.Namunpadapertemuan2sudahterlihatpeningkatanyangcukupbaikdibandingkandenganpertemuanIpadapertemuan3inisudahtidakadasiswayangterlambatsiswamenjadilebihdisiplinsiswamelakukanprosesbelajardenganbaikdansiswasudahmenguasaiketerampilanlemparlembinggayajingkatdenganbaikdanbenar.Walaupunpadapost-testsiklusIinimasihterdapatsiswayangbelumtuntasiniadalahwajarkarenacukupsulituntukmencapaitarafkeberhasilan100%siswatuntassemua.Penelitimenyarankanbagigurubermanfaatuntukmemperkayapengetahuandanmodelpembelajaranlemparlebinggayajingkatyangsudahdiperbaikibagisiswadigunakansebagaipedomanbelajarbagisekolahdapatdigunakansebagaitolok/patokanukuruntukkeberhasilanpembelajanPendidikanJasmanidanbagipenelitidapatdigunakansebagaisumberreferensibagimahasiswayangmelakukanpenelitian.yangberkaitandenganmateripadaskripsiini.