Upaya meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan menggunakan metode part-whole untuk siswa kelas X-c di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar

Main Author: Sandari, Femil Romi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49622/
Daftar Isi:
  • KatakunciKeterampilanSenamLantaiGulingDepanMetodePart-Whole.Senamlantaigulingdepanadalahgerakanbergulingkearahdepanmelaluibagianbelakangbadan(tengkuk)punggungpinggangdanpanggulbagianbelakang.BerdasarkanhasildataobservasiawaldiketahuibahwaketerampilansenamlantaigulingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garummasihkurangoptimal.Olehkarenaituperluadanyametodebarudalampenyampaianmateripembelajaranagarmateriyangdisampaikandapattercapai.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanketerampilansenamlantaigulingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garumdenganmenggunakanmetodepart-whole.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasX-CSMANegeri1Garum.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan).Hasilpenelitianpenggunaanmetodepart-wholedalamprosespembelajaranketerampilansenamlantaigulingdepanuntuksiswakelasX-CdiSMANegeri1Garumsetelahdiberitindakanpadasiklus1dansiklus2adalahsebagaiberikutdari37siswaada36siswaatausejumlah9729%yangmampumelakukangerakanbenarpadatekniktumpuantanganpadamatraskedualututtetapdipertahankanlurus32siswaatausejumlah8648%yangmampumelakukangerakanbenarpadagerakanbergulingkedepanhinggabagianbadanmulaidaritengkukpunggungpinggangpanggulbagianbelakangdan36siswaatausejumlah9729%yangmampumelakukangerakanbenarpadasikapakhirposisijongkokposisikedualenganluruskedepandadadandilanjutkansikapberdiridengankeduakakirapat.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapemberianmetodepart-wholedapatmeningkatkanketerampilansenamlantaiguingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garum.Saranberdasarkanpenelitianini(1)Gurupendidikanjasmanidiharapkanlebihkreatifdanlebihbervariasilagidalammemberikanpembelajaran(2)Gurupendidikanjasmanidiharapkanpekaterhadapapayangdibutuhkanolehsiswakesulitanyangdialamiolehsiswasertabisamencarisolusiuntukmemecahkanmasalahyangdialamiolehsiswa