Upaya meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan menggunakan metode part-whole untuk siswa kelas X-c di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar
Main Author: | Sandari, Femil Romi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49622/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKeterampilanSenamLantaiGulingDepanMetodePart-Whole.Senamlantaigulingdepanadalahgerakanbergulingkearahdepanmelaluibagianbelakangbadan(tengkuk)punggungpinggangdanpanggulbagianbelakang.BerdasarkanhasildataobservasiawaldiketahuibahwaketerampilansenamlantaigulingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garummasihkurangoptimal.Olehkarenaituperluadanyametodebarudalampenyampaianmateripembelajaranagarmateriyangdisampaikandapattercapai.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanketerampilansenamlantaigulingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garumdenganmenggunakanmetodepart-whole.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasX-CSMANegeri1Garum.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan).Hasilpenelitianpenggunaanmetodepart-wholedalamprosespembelajaranketerampilansenamlantaigulingdepanuntuksiswakelasX-CdiSMANegeri1Garumsetelahdiberitindakanpadasiklus1dansiklus2adalahsebagaiberikutdari37siswaada36siswaatausejumlah9729%yangmampumelakukangerakanbenarpadatekniktumpuantanganpadamatraskedualututtetapdipertahankanlurus32siswaatausejumlah8648%yangmampumelakukangerakanbenarpadagerakanbergulingkedepanhinggabagianbadanmulaidaritengkukpunggungpinggangpanggulbagianbelakangdan36siswaatausejumlah9729%yangmampumelakukangerakanbenarpadasikapakhirposisijongkokposisikedualenganluruskedepandadadandilanjutkansikapberdiridengankeduakakirapat.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapemberianmetodepart-wholedapatmeningkatkanketerampilansenamlantaiguingdepansiswakelasX-CdiSMANegeri1Garum.Saranberdasarkanpenelitianini(1)Gurupendidikanjasmanidiharapkanlebihkreatifdanlebihbervariasilagidalammemberikanpembelajaran(2)Gurupendidikanjasmanidiharapkanpekaterhadapapayangdibutuhkanolehsiswakesulitanyangdialamiolehsiswasertabisamencarisolusiuntukmemecahkanmasalahyangdialamiolehsiswa