Perbaikan pembelajaran teknik dasar passing dada (Chest pass) bola basket, menggunakan part-whole methods untuk siswa kelas VII A, SMP Negeri 1 Pamekasan / Faizal Januariansyah

Main Author: Januariansyah, Faizal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49608/
Daftar Isi:
  • KatakunciperbaikanpembelajaranpassingdadabolabasketSalahsaturuanglingkupmatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatanuntukjenjangSMP/MTsadalahpermainandanolahragayangmeliputiolahragatradisionalpermainaneksplorasigerakketerampilanlokomotornon-lokomotormanipulatifatletikkastirounderskipperssepakbolabolabasketbolavolitenismejatenislapanganbulutangkisdanbeladirisertaaktivitaslainnya(BSNP2006513).BolabasketmerupakansalahsaturuanglingkuppermainandanolahragayangdiajarkanpadamatapelajaranpendidikanjasmanikelasVIIsemestergasaldenganstandarkompetensimempraktikkanberbagaiteknikdasarpermainandanolahragasertanilai-nilaiyangterkandungdidalamnyadengankompetensidasarmempraktikkanvariasidankombinasiteknikdasarsalahsatupermainandanolahragaberegubolabesarlanjutandengankoordinasiyangbaiksertanilaikerjasamatoleransipercayadirikeberanianmenghargailawanbersediaberbagitempatdanperalatan.untukjenjangSMP(BSNP2006513-515)Teknikdasarchestpass(passingdada)adalahsubmateripokokdaricabangolahragabolabasketyangdiajarkanpadakelasVIIASMPNegeri1Pamekasansemestergasal.Part-wholeMethodsmerupakanmetodeyangdikembangkanPendekatanMotorLearning.Part-whole(bagian-keseluruhan)akansesuaiuntukpembelajaranteknikdasaryaitudaribagian-bagianteknikhinggatekniksecarakeseluruhan(Widijoto201011).Pemberianpart-wholemetodstidaksecaraglobalmalainkanpembelajarandaribagian-bagianteknikhinggakeseluruhanteknik.Pemberianpendekatanpart-wholemethodspadasiswasebagaiupayapemberiankemudahanpemahamanteknikpasingdada(chestpass)bolabasket.Darihasilobservasitanggal8maretdiSMPN1PamekasansiswakelasVIIAangkatan2009yangberjumlah40orangsiswasemestergasalpadaprosespembelajaranpassingdada(chestpass)bolabasketdiperolehdatasebagaiberikut(1)2Siswayangkurangbersemangatselamaposespembelajaranpassingdada(chestpass)bolabasket(2)1Siswaterlihatkurangaktifpadawaktumengikutipembelajaranpassingdada(chestpass)bolabasket(3)sedangkandilihatdaripenguasaanteknikpassingdada(chestpass)bolabasketada33Siswayangkurangsempurnapadawaktumelakukangerakanpassingdada(chestpass)bolabasket.Terkaitteknikdasarchestpasspadawaktupembelajaran(1)25SiswakakitidakmelangkahkedepanpadawaktumelakukanChestpass(2)17SiswasikunyamasihterbukakesampingpadasaatmelakukanChestpass(3)15SiswamasihparabolpadawaktumelakukanChestpass(4)12SiswapadawaktumelakukanChestpasstanganterlalutegak.IdentifikasipermasalahanpadapembelajaranantaralainTerkaitdenganmedia/alatpembelajaranbolabasketstandaryangdipergunakanpadapembelajaranterlaluberatbagianakkelasVIIAsehinggasiswatakutuntukmenangkapnya.Terkaitdenganstrategidanpengelolaankelassaatpembelajaran(1)pemberiancontohgerakanchestpassolehgurudilakukansecaraglobalsehinggasiswamerasakesulitandalammenerimamateriyangtelahdiberikanolehguru(2)pemberiancontoholehgurudilakukandarisatusisisajadanmengabaikanperhatiansiswasaatcontohdiberikansehinggasiswakurangantusiasuntukmelihatcontohyangdilakukanolehguru.Berdasarkanidentifikasipermasalahansebagaimanatersebutdiatassecarakolaborasidengantemansejawatdilakukanupayaperbaikandandirancangsuatupembelajaranpasingdada(chestpass)denganmenggunakanbolavolisebagaiupayameminimalkanketakutansiswasaatmenerimaboladalampembelajaranpenggunaanmodelpart-wholesebagaiupayapemberiankemudahanpemahamantekniksertapeningkatanpengelolaankelasagarsiswalebihbersungguh-sungguhpadasaatpembelajaran.RancanganpenelitianiniadalahrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratif.Penelitianinimerupakanbentukkajianreflektifyangdilakukanpenelitiuntuktujuanperbaikanlayananprofesionalismegurudalammenanganiprosespengajarandikelas.Penelitiantindakankelasinimenggunakan2siklusdimanasetiapsiklusnyamelakukantigakalipertemuan.sampaitidakditemukankekurangandankelemahandalamprosespembelajaran.Padasetiapsiklusterdiridari4tahapyakniperencanaan(planning)tindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).Part-wholeMethodsmerupakanmetodeyangdikembangkanpendekatanMotorLearning.Part-wholeadalahpembelajarandaribagian-bagianteknikhinggatekniksecarakeseluruhandanmetodeinisesuaiuntukpembelajaranteknikdasar(Widijoto201011).Tujuanpenelitianiniadalahmemperbaikipembelajaranteknikpassingdada(cchestpass)bolabasketuntuksiswakelasVIIASMPNegeriIPamekasan.Adapuntahap-tahapteknikdasardalammelakukanpasingdada(chestpass)sebagaiberikut(a)boladipegangsesuaidenganteknikmemegangbolabasket.(b)sikutdibengkokkankesampingsehinggaboladekatdengandada.(c)sikapkakidapatdilakukansejajarataukuda-kudadenganjarakselebarbahu.(d)ditekukbadancondongkedepandanjagakeseimbangan.(e)boladidorongkedepandengankeduatangansambilmeluruskanlengandandiakhiridenganlecutanpergelangantangansehinggatelapaktanganmenghadapkeluar.(f)bagiyangbarubelajargerakanpelurusandapatdibantudenganmelangkahkansalahsatukakikedepan.(g)arahoperansetinggidadaatauantarapinggangdanbahupenerima.(h)bersamaandengangerakpelepasanbolaberatbadandipindahkandidepan