Pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar headstand pada senam lantai untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pasuruan / Akhmad Nur Shalih

Main Author: Shalih, Akhmad Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49566/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganVCDpembelajaranteknikdasarheadstandsenamlantai.TeknikdasarheadstandmerupakansalahsatumateriyangdiajarkanpadakelasVIIIdiSMPNegeri8Pasuruan.Berdasarkanhasilobservasidananalisiskebutuhanpadapelaksanaanpembelajarangurumemberikanlatihangerobakdorongsitupdanbackupkemudianpadamateriintigurumeberikancontohsikapheadstandsetelahitusiswadisuruhmelakukansikapheadstandsehinggabanyaksiswayangmengalamikesulitandalammelakukansikapheadstand.Dalamprosespembelajarangurumemerlukansaranayangmendukungdankreativitasyangberanekaragamuntukmencapaisuatupembelajaranyangmaksimal.SalahsatusaranayangdapatdigunakandalamprosespembelajaranadalahdengantersedianyamediaVCDpembelajaranyangdapatdigunakansebagaialatuntukmembantupemahamansiswadalamprosesbelajarmengajar.GurumatapelajaranpendidikanjasmaniSMPNegeri8PasuruanmenyatakanbelumadavideopembelajarantentangmateriteknikdasarheadstandpadasenamlantaidanmenyatakanmemerlukanvideopembelajaranteknikdasarheadstandpadasenamlantaiolehkarenaitupenelitibertujuanmengembangkanVCDpembelajaranteknikdasarheadstandpadasenamlantaiuntukmembantupenjelasantentangcaramelakukansikapheadstand.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangandariBorgandGall(1983775)penelititidakmenggunakankeseluruhantetapihanyamenggunakan7langkah.Adapun7langkahyangdipiliholehpenelitiuntukpengembanganVCDpembelajaranteknikdasarheadstandpadasenamlantaiadalahsebagaiberikut1)Melakukanpenelitiandanpengumpulaninformasi(kajianpustakaobservasikesekolahdananalisiskebutuhan)2)Mengembangkanbentukprodukawal(penyiapanmateripengajaranbukupetunjukyangakandigunakandanperlengkapanevaluasi)3)Evaluasiparaahlidenganmenggunakan1ahlimedia1ahlipembelajaranpendidikanjasmanidan1ahlisenam.Datakuesionerdikumpulkandandianalisiskemudianmelakukanrevisiprodukawal4)Melakukanujicoba(kelompokkecil)terhadapprodukawal(dilakukanpadasiswakelasVIIISMPNegeri8Pasuruandenganmenggunakan6subyekyangdiambil1siswadarimasing-masingkelas)kemudiandatakuesionerdikumpulkandandianalisis5)Melakukanrevisiterhadapprodukpertamayangberdasarkandarihasilkuesionerujicoba(kelompokkecil)6)Melakukanujilapangan(kelompokbesar)yangdilakukanpadasiswakelasVIIISMPNegeri8Pasuruandenganmenggunakan30subyekyangdiambil5siswadarimasing-masingkelaskemudiandatakuesionerdikumpulkandandianalisis7)Melakukanrevisiprodukakhirberdasarkandarihasilkuesionersehinggamenjadiprodukakhirpengembangan.Berdasarkanhasilanalisisdataujicoba(kelompokkecil)terhadap6orangsiswadanujilapangan(kelompokbesar)terhadap30orangsiswakelasVIIISMPNegeri8PasuruandiperolehbahwaseluruhaspekdalampengembanganVCDpembelajaranteknikdasarHeadstanduntuksiswakelasVIIISMPNegeri8Pasuruantersebuttelahmemenuhikriteriabaikyaituantara76%-100%.Hasilpengembanganinihanyaterbataspadapengembanganprodukmakadiharapkanadapenelitianselanjutnyayangmengujitentangtingkatefektivitasprodukyangtelahdikembangkandanhasilpenelitiandanpengembanganinidiharapkandapatdiujicobakanpadalingkupyanglebihluas.