Peningkatan hasil belajar gerakan senam guling depan siswa kelas III SDN Sepuh Gembol 1 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan variasi metode pembelajaran / Eko Budi Priyantono

Main Author: Priyantono, Eko Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/49563/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarSenamGulingDepanVariasiMetodePembelajaranSenamLantai.SDNSepuhGembol1adalahsalahsatusekolahunggulandiKecamatanWonomertoKabupatenProbolinggo.Walaupunterletakdidaerahpedesaantapisekolahinimemilikisaranadanprasaranaolahragayanglumayanlengkapsepertiadanyalapanganolahragamatrassertaaulayangbiasanyadigunakanuntukkegiatanolahragaindoor.NamunadasebuahpermasalahanyangterjadipadapembelajaransenamgulingkedepanterutamauntukkelasIII.BerdasarkanobservasiawalpenelitidiketahuibahwajumlahsiswauntukkelasIIIsebanyak26siswadanrata-rataskorkeberhasilansiswadalammenguasaigerakansenamlantaigulingkedepanadalah4999%dengantarafkeberhasilankurangbaik.Untukmengatasipermasalahantersebutpenelitibersamagurupendidikanjasmanisekolahtersebutmelakukanpenelitiantindakankelas.Dalampenelitianinipenelitidangurumenggunakanvariasimetodepembelajarandalampembelajarannyasebagaicarauntukmengatasipermasalahantersebut.Model-modelpembelajaranyangdilakukangurusaatpembelajaransenamlantaigulingkedepanmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdemonstrasilatihandaneksperimen.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajargerakansenamgulingkedepansiswakelasIIISDNSepuhGembolIKecamatanWonomertoKabupatenProbolinggodenganmenggunakanvariasimetodepembelajaran.Pengambilandatadilaksanakan31maret-7mei2011.Datadiperolehdariteslembarobservasicatatanlapangandandokumentasi.Sedangkanlangkah-langkahyangdilakukanberupaperencanaantindakanobservasidanrefleksi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajargerakansenamlantaigulingkedepanpadasiswakelasIIIdenganmenggunakanvariasimetodepembelajarandisetiapsiklusdarisiklusIdansiklusII.DiketahuipadasiklusIbahwarata-rataskorkeberhasilansiswadalammenguasaigerakansenamlantaigulingkedepanadalah7747%dengantarafkeberhasilantermasukkategoribaik.Untukkeberhasilansiswaperindikatorgerakanyaitu1)indikatorsikapawalsebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik2)indikatortumpuantangansebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik3)indikatormemindahkanberatbadan9231%dengantarafkeberhasilanbaik4)indikatordagukedadasebesar6923%dengantarafkeberhasilancukupbaik5)indikatorpundakdimatrassebesar6923%dengantarafkeberhasilancukupbaik6)indikatorbadanmenekuksebesar4231%dengantarafkeberhasilankurangbaik7)indikatorposisiakhirsebesar6923%dengantarafkeberhasilancukupbaik.SedangkanpadasiklusIIdiketahuibahwarata-rataskorkeberhasilansiswadalammenguasaigerakansenamlantaigulingkedepanadalah9615%dengantarafkeberhasilantermasukdalamkategoribaik.Untukkeberhasilansiswaperindikatorgerakanyaitu1)indikatorsikapawalsebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik2)indikatortumpuantangansebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik3)indikatormemindahkanberatbadan100%dengantarafkeberhasilanbaik4)indikatordagukedadasebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik5)indikatorpundakdimatrassebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik6)indikatorbadanmenekuksebesar7308%dengantarafkeberhasilancukupbaik7)indikatorposisiakhirsebesar100%dengantarafkeberhasilanbaik.DarihasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwavariasimetodepembelajarandapatmeningkatkanhasilbelajargerakansenamgulingkedepansiswakelasIIISDNSepuhGembol1KecamatanWonomertoKabupatenProbolinggo.Bagigurupendidikanjasmaniuntukmeningkatkanhasilbelajargerakansenamlantaigulingkedepansebaiknyagurupendidikanjasmaniperlumeningkatkanvariasipembelajarandanmodel-modelpemanasandenganmenggunakanpermainankecilagarsiswalebihsenangdansiapuntukmengikutimateriyangakandiberikan.Selanjutnyabagipenelitihendaknyadapatdijadikanmasukanuntukmelakukanpenelitianlebihlanjut.