Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 18 Malang / Agus Harianto

Main Author: Harianto, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49550/
Daftar Isi:
  • KatakunciPengembanganModulPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatan.ModulpendidikanjasmaniolahragadankesehatanmerupakansalahsatubahanajaryangdapatdigunakanolehsiswamaupungurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanpadajenjangformalyaituSMP(SekolahMenengahPertama)padakhususnya.Dalamprosespembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatanberbagaimediadapatdigunakanuntukmembantukelancarandankefektifanpembelajaransalahsatunyaadalahmodul.TujuanpengembanganModulPendidikanJasmaniOlahragadanKesehataniniadalahsebagaialtenatifdalammembantuprosespembelajaransebagaibahanajar.SpesifikasiprodukyangdiharapkanadalahModulPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanuntukKelasIXSemesterGanjilyangberisikanpedomangurupedomansiswadankegiatanbelajaryangterdiridarimateritesformatifdansumatifdankuncijawabanpadabagianakhir.Sasaranpebelajaradalahsiswa-siswikelasIXSMPNegeri18Malang.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangandariBorgandGall(1983775)penelititidakmenggunakankeseluruhantetapihanyamenggunakan7langkah.Adapun7langkahyangdipiliholehpenelitiuntukpengembanganmodulpendidikanjasmaniolahragadankesehatanadalahsebagaiberikut1)risetdanpengumpulaninformasidalammelakukanpenelitianawalatauanalisiskebutuhan(needassesment)dengancarapenyebaranangketdanobservasi(wawancara)kepadaseorangguruPendidikanJasmanikelasIX(2)melakukanperencanaan(pendefinisianketerampilanpenentuanurutanpengajaran)(3)pengembanganbentukprodukawalberuparancanganproduk(d)melakukanujilapanganpermulaan(dilakukanpadasiswakelasIXSMPNegeri18Malangdenganmenggunakan9subyekyangdiambildari9kelaspadakelasIX)(5)Melakukanrevisiterhadapprodukutama(sesuaidengansaran-saranhasilujilapanganpermulaan)(6)melakukanujilapanganutama(dilakukanpadasiswakelasIXSMPNegeri18Malangdenganmenggunakan45subyekyangdiambildari9kelaspadakelasIX)(7)Melakukanrevisiterhadapprodukoperasional(revisiprodukberdasarkansaran-sarandarihasilujicobalapanganutama)kemudianmenjadiprodukakhirberupamodulpendidikanjasmaniolahragadankesehatanuntukkelasIXsemesterganjil.Instrumenujicobaprodukyangdigunakanadalahkuesioner.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifdandeskriptifberupapersentase.Berdasarkanhasilanalisisdataujicobakelompokkecilterhadap9orangsiswadanujicobakelompokbesarterhadap45orangsiswakelasIXSMPNegeri18Malangmodulpendidikanjasmaniolahragadankesehatandinyatakandapatdigunakan.Produkpengembanganberupamodulpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiharapkandapatdijadikanreferensiolehgurupendidikanjasmanidalammemberikanmateripendidikanjasmanidanmembantuprosespembelajaransebagaibahanajar.