Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan pendekatan modifikasi di kelas VII B SMP Negeri 3 Batu / Syamsul Hadi
Main Author: | Hadi, Syamsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49546/ |
Daftar Isi:
- Padaobservasiawalyangdilakukanpenelitidiperolehdatadanfaktaantaralain1).materipendidikanjasmaniolahragadankesehatannomoratletikyangdiajarkandikelasVIIadalahlarijarakpendek50meterlompatjauhgayajongkoktolakpeluruawalanmenyampinglemparcakramawalanmenyamping.2).metodepembelajarantolakpelurugayamenyampingyaitudenganmetodeceramahdandemonstrasi.Gurumenjelaskanterlebihdahuluteknikmelakukantolakpelurukemudiansiswamelakukansecarabergantiansesuaiinstruksidariguru.3).beberapasiswaterlihattidakaktifdalampembelajaran(24siswaatau77%)ditandaidenganduduk-dudukdipinggirlapanganberguraudengantemansaatsiswalainmelakukanmenolakpeluru.4).Selamapembelajaransiswaterlihatkurangmemilikimotivasihaliniditunjukkandengansiswakurangbersemangatselamamengikutipelajaran(20siswaatau625%).5).Sebagianbesarsiswaterlihatbermain-mainsendirisaatpelajaranberlangsungyaituketikasiswalainmelakukangerakanmenolak.Sambilmenunggugiliransiswaberguraudanbermain-maindengantemanlain.6).Siswabanyakyangmengganggurmenunggugiliranmelakukantolakpeluru.7).Siswakurangsenangdenganpembelalajarantolakpeluru(25siswaatau7812%).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpartisipasisiswapadapembelajarantolakpelurugayamenyampingmenggunakanmodelpembelajarandenganpendekatanmodifikasisiswakelasVIIBSMPNegeri3Batu.Pengambilandatadilaksanakan18maret-15april2011.DatadiperolehdaricatatanlapaganlembarobservasiwawancaradandokumentasiHasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanpartisipasisiswaselamamengikutipembelajarantolakpelurugayamenyampingdisetiapsiklusdarisiklus1siklus2dansiklus3.Padasiklus1masihterdapatkekurangandisetiapindikatorpartisipasisiswa.Padasiklus1persentaseindikatortiapsiklusadalahsebagaiberikut1).indikatorkeaktifandalampembelajaran5250%dengantarafkeberhasilankurangbaik2)indikatormotivasisebesar5625%dengantarafkeberhasilancukupbaik3)indikatorprakarsasebesar5125%dengantarafkeberhasilankurangbaik4)indikatorketekunansebesar55%dengantarafkeberhasilankurangbaik5)indikatororientasibelajardaripadabermainsebesar50%dengantarafkeberhasilankurangbaik6)indikatorsenangatauenjoydalampembelajaransebesar60%dengantarafkeberhasilancukupbaik.Rata-rataskorpartisipasisiswadiatassebesar5417%yangtermasukdalamkategorikurangbaik.Padasiklus2terjadipeningkatandisetiapindikatorpartisipasisiswa.Persentasetiapindikatortersebutadalahsebagaiberikut1)indikatorkeaktifandalampembelajaransebesar7187%dengantarafkeberhasilancukupbaik2)indikatormotivasisebesar725%dengantarafkeberhasilancukupbaik3)indikatorprakarsasebesar6687%dengantarafkeberhasilancukupbaik4)indikatorketekunansebesar7187%dengantarafkeberhasilancukupbaik5)indikatororientasibelajardaripadabermainsebesar7062%dengantarafkeberhasilancukupbaik6)indikatorsenang/enjoydalampembelajaransebesar7625%dengantarafkeberhasilanbaik.Rata-rataskorpartisipasisiswadiatassebesar7166%yangtermasukdalamkategoricukupbaik.Padasiklus3terjadipeningkatanpartisipasisiswaselamamengikutipembelajarandenganpersentasetiapindikatorsebagaiberikut1)indikatorkeaktifandalampembelajaransebesar825%dengantarafkeberhasilanbaik2)indikatormotivasisebesar8312%dengantarafkeberhasilanbaik3)indikatorprakarsasebesar7875%dengantarafkeberhasilanbaik4)Indikatorketekunansebesar7875%dengantarafkeberhasilanbaik5)indikatororientasibelajardaripadabermainsebesar8312%dengantarafkeberhasilanbaik6)indikatorsenang/enjoydalampembelajaransebesar875%dengantarafkeberhasilanbaik.Rata-rataskorpartisipasisiswadiatassebesar8229%yangtermasukdalamkategoribaik.DarihasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarandenganpendekatanmodifikasidapatmeningkatkanpartisipasisiswadalampembelajarantolakpelurugayamenyampingsiswakelasVIIBSMPNegeri3Batu.Bagigurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanmodelpembelajarandenganpendekatanmodifikasidapatdigunakansebagaireferensidalammemberikanmateritolakpelurugayamenyampingberikutnyauntukmeningkatkanpartisipasisiswa.Selanjutnyabagipenelitihendaknyadapatdijadikanmasukanuntukmelakukanpenelitianlebihlanjut.