Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Panggungrejo tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode bermain / Atik Setyawati

Main Author: Setyawati, Atik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49485/
Daftar Isi:
  • KatakuncipeningkatanketerampilanpassingbawahbolavolimetodebermainSMPNegeri1PanggungejoSekolahsebagailembagapendidikanyangmenyelenggarakanprosesbelajarmengajarmemegangperananpentingdalamrangkapembentukansikapdanpengetahuansertabudipekertiyangdapatmenunjangprosespertumbuhansertamengembangkanpotensiyangadapadapesertadidikyanglebihbaikdariapayangtelahmerekadapatkandilingkungankeluargadanmasyarakat.PendidikanJasmanidankesehatanmerupakansalahsatubidangstudiyangmenjadimuatandalamkurikulumSMPPermainandanolahragamerupakansalahsaturuanglingkupdarimatapelajaranPendidikanJasmaniolahragadankesehatanyangterdapatdidalamstandarkompetensiSekolahMenengahPertamaKelasVIIsemesterGasal.SalahsatukompetensidasarnyayaitupermainanbolavolipadakelasVIISemesterGasalsalahsatumateripokoknyaadalahpassingbawah.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanbahwadalammelakukanpermainanbolavolisiswakesulitansaatmelakukanpassingbawahkesulitaninikarenakesalahanpadagerakanteknikdasarpassingbawah.Kesalahanyangseringterjadiyaitupadateknikcarapegangantangandanperkenaanbola.Kesalahangerakannyacenderungpadasaatboladatanglengantidaklurusdanteknikpegangantanganyangdilakukansalahbanyaksiswayangmelakukanpegangantangandengancaramengepalkankeduatangannyaadajugayangsatutangannyadibuka.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanketerampilanpassingbawahbolavolipadasiswakelasVIIFSMPNegeri1Panggungrejotahunajaran2009/2010denganmenggunakanmetodebermain.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelasPenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1Panggungrejodenganjumlahsubyekpenelitianyaitu39orangsiswakelasVIIF.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahlembarobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaitudenganpersentase.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapadasikluspertamaadalahtingkatkesalahanpalingtinggipadateknikperkenaanbolayaitu3846%danuntukgerakanperkenaanbolayangsudahbenaradalah6154%dengankategoricukupbaikkemudiannaikmenjadi7436%masihdengankategoricukupbaikyangtingkatkesalahannyaadalah2564%.Kemudianmasihadabeberapateknikdasarpassingbawahyanglainyangjugatingkatkesalahannyabanyakyaitupadaarahbola1538%carapegangantangan1026%lenganlurus1389%sikapkaki513%.Padasiklus1tingkatkesalahanyangpadaumumnyaterjadipadagerakanperkenaanboladari3846%menjadi2564%dapatdiartikangerakanyangbenaradalahdari6154%menjadi7436%dandikategorikancukupbaikmeskipundalamsiklus1inimasihtetapdalamkategoricukupbaikakantetapisudahmulaiadapeningkatanpadateknikgerakanperkenaanbola.Padasiklus2tingkatkesalahanyangpadaumumnyaterjadipadagerakanperkenaanboladari1795%menjadi0%dapatdiartikangerakanyangbenaradalahdari8205%menjadi100%dandikategorikanbaik.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwametodebermaindapatmeningkatkanketerampilanpassingbawahbolavolisiswakelasVIIFSMPNegeri1Panggungrejoyangdilakukanselamaenamkalitindakan.Dalampeningkatanketerampilanpassingbawahatauketerampilanyanglainnyapadasiswahendaknyagurumemberikanbanyakvariasimetodebermainyanglebihserulebihdisukaisiswadanlebihbaiksertalebihefektifuntukmeningkatkanketerampilanpassingbawahsiswa.