Pengembangan VCD pembelajaran dalam mempercepat penguasaan teknik dasar pencak silat materi pola langkah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang / Galih Trio Raharjo

Main Author: Raharjo, Galih Trio
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49467/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganVCDpolalangkahpencaksilatsiswakelasVII.PencaksilatmerupakansalahsatuhasilbudayabangsaIndonesiayangbersifatturuntemurunyangterdiridariberbagaiperguruanataualiranPencakSilat.Seiringperkembanganmasyarakatpencaksilatbukanlagihanyaberfungsisebagaialatbeladirinamunjugasebagaisaranaberolahragasaranamencurahkankecintaanpadarasakeindahandansebagaialatpendidikanmentaldanrohani.BerdasarkankurikulumyangdigunakandiSMPNegeri2TurenKab.MalangbahwapolalangkahdiajarkansebagaisalahsatumateriPendidikanJasmanidankesehatan.Untukmenunjangkeberhasilantersebutsalahsatualternatifnyaadalahdenganmemanfaatkanmediabelajardalammempercepatpenguasaanmateriyaitudenganmenggunakanmediavideopembelajaranteknikpolalangkahpencaksilatyangdikemasdalambentukcompactdisc(CD).PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanVCDpembelajaranteknikpolalangkahpencaksilatsehinggadiharapkansiswadapatlebihcepatdalammenguasaiteknikpolalangkah.Dalampenelitianinimodelpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganresearchdevelopment(RD)dariBorgGall(1983775)yangterdiridari10langkahantaralain1)Risetdanpengumpulaninformasi2)Perencanaan3)Perencanaanprodukawal4)Persiapanarea5)Revisiprodukutama6)Teslapanganutama7)Revisiproduk8)Teslapanganoperasional9)Revisiprodukakir10)Penyebarandanpelaksanaanlaporan.Tetapipenelitimenggunakan7langkahpengembangankarenasesuaidengankarakteristikyangakanditeliti.Modelyangdipakaidalampenelitianiniantaralain1)Melakukanobservasidanpengumpulandatainformasitermasukkajianpustakadananalisiskebutuhan2)Mengembangkanprodukawalberuparancanganproduk3)Evaluasiparaahlidenganmenggunakan2ahlipelatihpencaksilat1ahlimedia1ahlipembelajarandanujicoba(kelompokkecil)4)Revisiprodukpertama(sesuaidarihasilevaluasiparaahlidanujicoba)5)Ujicobalapangandenganmengujicobakanhasilrevisiprodukpertamapadakelompokbesar6)Revisiprodukakhirsesuaidenganhasildariujilapangan(kelompokbesar)7)HasilakhirprodukHasilpengembangandaripenelitianiniberupaVCDpembelajaranteknikpolalangkahpencaksilatyangterdiridari6teknikpolalangkahantaralainpolalangkahluruspolalangkahzig-zagpolalangkahladampolalangkahsegitigapolalangkahsegiempatdanpolalangkahSuntukmatapelajaranpendidikanjasmanisiswakelasVIISMPNegeri2TurenKab.Malangdanbukusebagaipanduan.ProdukutamadaripenelitianiniadalahVDCpembelajaran.