Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan / Agung Yuda Aswara

Main Author: Aswara, Agung Yuda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49440/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAswaraAgungYuda.2009.PeningkatanHasilbelajarGerakanSenamLantaiGulingkeDepandenganMenggunakanMediaMatrasdanVariasiPembelajaranPadaSiswaKelasVIIBSMPN2GratiKabupatenPasuruanSkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFIKUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SulistyoriniM.Pd(II)Drs.LokanantaTeguhH.W.M.KesKatakuncimediamatrasvariasipembelajaransenamlantaigulingkedepanPendidikanjasmanimerupakansalahsatumatapelajaranyangdiberikanpadapendidikanformalbaikSDSMP/MTsSMA/MA.SenamlantaigulingkedepanmerupakansalahsatuolahragayangadapadakurikulumsekarangyaitukurikulumKTSP.OlehkarenaituSenamlantaigulingkedepandiberikanpadasekolah-sekolah.BerdasarkanhasilobservasiawaldiSMPN2GratiKabupatenPasuruanpadapembelajaranpendidikanjasmanimateripokokSenamlantaigulingkedepankelasVIIBtampakbahwasiswamasihsulitmempelajarigerakansenamlantaigulingkedepanyangdiberikanolehgurupendidikanjasmani.Dalampembelajaransenamlantaigulingkedepanjugaterdapatkesulitan-kesulitanyangdirasakanolehsiswayaitusulitpadasaatimpactdenganmatrassebagianbesarsiswamenggunakankepalabukandengantengkuk.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajargerakansenamlantaigulingkedepandenganmenggunakanmatrasdanvariasipembelajaranpadasiswakelasVIIBSMPN2GratiKabupatenPasuruan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangmelaluitigasiklus.SubyekpenelitianadalahpenelitisendirisebagaigurupendidikanjasmanisiswakelasVIIBSMPN2GratiKabupatenPasuruan.Jumlahsiswayangadadikelastersebutsebanyak35siswa.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)dalamsiklus1masihadasiswayangmelakukankesalahanmendasarsepertimengangkattumitmenekuksikumenekukleher/menundukkankepalahinggatengkukmenumpupadamatrassebanyak13siswa.(2)dalamsiklusIImenunjukkansiswayangmelakukankesalahanmendasarsaatmelakukangerakansenamlantaigulingkedepanberkurangmenjadi9siswa.(3)dalamsiklusIIImenunjukkanbahwasecarakeseluruhansiswasudahbisamelakukangerakansenamlantaigulingkedepandenganbaikdanbenar.Hasilinididapatkankarenadenganmemberikanbantuandandenganmeninggikanmatrasuntuktempatberpijakdaritempattanganbertumpu.KesimpulanyangdapatdiambildalampenelitianiniadalahmediamtrasdanvariasipembelajaranyangdiberikanolehgurudapatmeningkatkanprosespembelajarandanhasilbelajargerakansenamlantaigulingkedepanpadasiswakelasVIIBSMPN2GratiKabupatenPasuruan.HalitubisadilihatdariaktivitassiswadanguruselamapembelajarandarisiklusIhinggasiklusIII.SelainitubisadilihatmelaluipeningkatanpersentasesiswayangtuntasbelajarsecaraindividudansecaraklasikaldarisebelumdansesudahdilakukanPTKjugamenunjukkanadanyapeningkatan.