Pengembangan model pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMPN 19 Malang / Aris Herawanto
Main Author: | Herawanto, Aris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49425/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHerawantoAris.2009.PengembanganModelPembelajaranPassingBawahdalamPermainanBolavoliKelasVIISMPN19Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.EWinarnoM.Pd(II)Drs.MulyaniSurendraM.S.Katakuncipendidikanjasmanipengembanganpembelajaranbolavolipassingbawah.Pendidikanmemilikisasaranpedagogisolehkarenaitupendidikankuranglengkaptanpaadanyapendidikanjasmaniolahragadankesehatankarenageraksebagaiaktivitasjasmaniadalahdasarbagimanusiauntukmengenalduniadandirinyasendiriyangsecaraalamiberkembangsearahdenganperkembanganzaman.Pendidikanjasmaniadalahbagianyangterpadudariprosespendidikanyangmenyeluruhbidangdansasaranyangdiusahakanadalahperkembanganjasmaniahmentalemosionaldansosialbagiwarganegarayangsehatmelaluimediumkegiatanjasmaniah.BerdasarkananalisiskebutuhanyangdilakukanpadapembelajaranpendidikanjasmanidansiswakelasVIISMPN19Malangdiperolehkesimpulanbahwasiswamerasakesulitanbelajarteknikdasarpassingbawah.RumusanmasalahdalampenelitianiniyaitusiswakelasVIISMPN19Malangkesulitanbelajarteknikdasarpassingbawahbolavoli.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkanpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoliuntuksiswakelasVIISMPN19Malangpengembanganmodelpembelajaraninidiharapkansiswalebihmudahbelajarteknikdasarpassingbawahbolavoli.ModelpengembangandalampenelitianinimenggunakanResearchandDevelopmentyangdikemukakanolehBorgdanGallyangtelahdimodifikasiolehpeneliti.Prosedurpenelitianpengembanganpembelajaranpassingbawahiniadalahsebagaiberikut(1)risetdanpengumpulaninformasidalammelakukanpenelitianawalberupaanalisiskebutuhandengancaraobservasidanwawancara(2)pengembanganprodukawalberuparancanganpengembanganpembelajaranpassingbawah(3)evaluasiparaahlidenganmenggunakan4ahliduaahlipembelajaranbolavolidanduaahlipermainanbolavoli(4)ujicobakelompokkecil(5)revisiprodukpertama(sesuaidenganhasilevaluasidanujicoba)(6)ujicobalapangandenganmengujicobakanhasilrevisiprodukpertamapadakelompokbesar(7)revisiproduksesuaihasilujicobakelompokbesar(8)produkakhir.PengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioneruntukahlipembelajaranbolavoliahlipermainanbolavolidansiswakelasVIISMPNegeri19Malang.Dengankualifikasiduaahlipembelajaranpendidikanjasmanidanduaahlipermainanbolavolisedangkanuntuksiswadilakukanujicoba(kelompokkecil)sebanyak10siswadanujilapangan(kelompokbesar)sebanyak40siswa.Hasilpenelitianmodelpembelajarandiperolehdatasebagaiberikutahlipembelajarandanpermainanbolavoliyaitu875%(valid)dari(kelompokkecil)905%(valid)dandariujilapangan(kelompokbesar)yaitu837%(valid).Kesimpulandaripenelitianpengembanganpembelajaranpassingbawahdalampermainanbolavoliiniadalahmodel-modelpengembanganpembelajaranpassingbawahyangterdiridari3macampermainanpadabagianpertamayaitu(1)permainanbolagelinding(2)permainanlemparboladan(3)permainanlemparboladanpassingbawah.Sedangkanpadabagiankeduaterdapat12macammodelpembelajaranpassingbawahyaitu(1)pengenalanteknikdasarpassingbawah(2)pembelajarangerakpassingbawahtanpabola(3)pembelajaranpassingbawahdenganbolayangdipegang(4)pembelajaranpassingbawahdenganbolayangdilempar(5)pembelajaranpassingbawahdengancaraberpasangan2orangsalingmelakukanpassingbawah(6)pembelajaranpassingbawahdengandenganmelakukanpassingbawahsendirian(7)pembelajaranpassingbawahdenganarahbolasegitiga(8)pembelajaranpassingbawahdenganarahbolasegiempat(9)pembelajaranpassingbawahdenganformasibintang(10)pembelajaranpassingbawahdengancaraboladilemparmelewatinetsiswaberusahamelakukanpassingbawahdanbolaharusmelewatinet(11)pembelajaranpassingbawahdengancarasalingmelakukanpassingbolaharusmelewatinetdan(12)pembelajaranpassingbawahdengancarasalingmelakukanpassingbolaberkelanjutanharusmelewatinet.Bagianketigaterdapat9macamgerakanpendinginan.ProdukpengembanganmodelpembelajaranininantinyaakandigunakanolehsiswakelasVIISMPN19Malang.