Pengembangan media animasi sulam pita pada peserta didik kelas XI Busana Butik di SMKN 5 Malang / Ratna Sofia Wiragustin
Main Author: | Wiragustin, Ratna Sofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49022/ |
Daftar Isi:
- WiragustinR.S.2012.PengembanganMediaAnimasiSulamPitaPadaPesertaDidikKelasXIBusanaButikDiSMKN5Malang.ProgramStudiS1PendidikanTataBusana.JurusanTeknologiIndustri.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.NurEndahPurwaningsihM.Pd(II)Dra.EsinSintawatiM.Pd.KataKunciPenelitianPengembanganMediaAnimasiSulamPitaPenelitianPengembanganMediaAnimasiSulamPitabertujuanmengembangkanprodukberupamediapembelajaranyangberisimaterisulampitadenganmenggunakanteknikanimasiyangterdapatdalamStandarKompetensiMembuatHiasanpadaBusanadiSekolahMenengahKejuruanNegeri5Malang.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganmediaanimasiinimengadopsienamdarisepuluhlangkahpengembanganmodelDickandCarey.Keenamlangkahtersebutdapatmenentukanstrategipembelajarandanmediayangsesuaiuntukmencapaitujuanakhirdaripembelajaranyaitupembelajaranmandiridenganmenggunakanmultimediainteraktif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenberupaangketyangdiberikankepadaahlimediaahlimateridanpesertadidikdisertaidenganpenayanganmediaanimasisulampitayangtelahdibuat.Validatordalampenelitianpengembanganinimeliputiahlimateridanahlimediayangmemvalidasikelayakanmateridanmediadariprodukyangdihasilkan.Sedangkansubjekcobadalampenelitianpengembanganinidilakukanpadapesertadidik.Ujicobadilakukankepadapesertadidikdengantujuanmenilaisegiketertarikankemudahandalampenggunaandanmanfaatdarimediaanimasiyangdikembangkan.Hasilvalidasimenunjukkanbahwapenelitianpengembanganyangdilakukandinyatakanlayakolehahlimedia(914%)ahlimateri(813%)danpesertadidik(8614%)sehinggadapatdisimpulkanbahwapengembanganmediaanimasisulampitalayakdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Meskipundemikiandiharapkanpengujianlapanganevaluasidanrevisiproduklebihlanjuttetapdilakukanagarmediayangdikembangkandapatmembantupendidikdanpesertadidikdalamkegiatanbelajardanmengajar.