Peran orang tua dalam pengembangan kecerdasan bahasa anak usia dini (studi di PAUD Tunas Bangsa Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang) / Alimatul Ulum

Main Author: Ulum, Alimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/4897/
Daftar Isi:
  • KataKunciperanorangtuapengembangankecerdasanbahasaanakusiadiniKecerdasanmerupakankemampuanuntukmenyelesaikanmasalahataumenciptakanprodukyangberhargadalamsatuataubeberapalingkunganbudayadanmasyarakat.kecerdasanbahasaadalahkemampuanmenggunakankata-katasecaraefektif.Kecerdasanberbahasapadaanakberkembangseiringdenganterjadinyakematangandariorgan-organbicaranya.Perkembanganbahasaanakdijadikansebagaialatkomunikasidanmemahamiduniakemampuanberbahasalisanpadaanak.Bahasamerupakansistemyangterkaitdenganperasaandanaktivitasmanusiasesuailingkuplingkungannyadanbahasamerupakansistemkomunikasiyangmenggunakansimbolvokalyangmemungkinkansemuaorangdalamlingkupbudayatertentudapatberinteraksi.Perkembangankemampuanbahasapadaanakbelumsempurnapadaawalmasabayi.Akantetapiseiringdenganperkembangananakkemampuanberbahasaanakjugaakanterusberkembang.Anaktidakterlepasdaribantuanoranglaindalammengembangkanbahasanyaorangyangpertamabertanggungjawabataspertumbuhandanperkembangananakadalahorangtua.Orangtuamemegangperandalammembentuksisteminteraksiyangintimdanberlangsunglamayangditandaiolehloyalitaspribadicintakasihdanhubunganyangpenuhkasihsayang.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)seberapatinggitingkatperkembanganbahasaanakusiadini(2)seberapabesarperanorangtuadalammengembangkankecerdasanbahasaanakusiadinidan(3)seberapabesarhambatanyangdihadapiorangtuadalammengembangkankecerdasanbahasaanakusiadini.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatif.Deskriptifkarenapenelitianinibertujuanmendeskripsikanataumenggambarkantentangperanorangtuadalampengembangankecerdasanbahasaanakusiadinidalambentukuraianataunarasidankuantitatifkarenabertujuanmemperolehdukungandataberupadatakuantitatifdarilapangan.Denganjumlahpopulasi55orang.Sedangkansampelyangdigunakanadalahtotalsamplingyaituseluruhpopulasidijadikansampel.Teknisanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdenganmenggunakanpersentase.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaperkembanganbahasaanakusiadinipadaumumnyaadalahcukuptinggi.Peranorangtuadalampengambanganbahasaanakusiadinipadaumumnyacukupbesarhalinimeliputi(1)pengembanganbahasaanakusiadinimelaluimetodeberbicaracukupbesarperannya(2)pengembanganbahasaanakusiadinimelaluimetodemenyimakbesarperannya(3)pengembanganbahasaanakusiadinimelaluimetodemembacabesarperannya(4)pengembanganbahasaanakusiadinimelaluimetodemenulisbesarperananya.Danhambatanyangdialamiorangtuadalammengembangkankecerdasanbahasaanakusiadinipadaumunyaadalahcukupmenghambat.Darihasilpenelitiantersebutmakaadabeberapasaran(1)darihasilpenelitiandiketahuibahwaperanorangtuadalampengambangankecerdasanbahasaanakusiadiniadalahcukupbesarperannyaolehkarenaituorangtuadiharapkandalammendukungpengembangankecerdasanbahasaanakusiadinidapatmenerapkansemuametodedalampengembanganbahasayaitumetodeberbicaramenyimakmembacadanmenulis.Karenasemuametodetersebutsalingterkaitdanmendukungantarasatudenganyanglainnya(2)bagiJurusanPendidikanLuarSekolahmemilikifungsidanperananyangbesarsebagaipusatpembelajaranmasyarakatJurusanPLShendaknyamenambahreferensibukuataujurnalyangberkaitandenganperanorangtuadalampengembangankecerdasananakusiadinikhusunyakecerdasanbahasa(3)bagipenelitilanjutandiharapkanadapenelitilanjutanyangmembahastentangperanorangtuadalampengembangankecerdasanbahasaanakusiadinilebihmendalamlagidenganmetodepengembanganyangberbedakarenapenelitimerasabelumsempurnadalampenulisanskripsiinidanbanyakkekurangannyasehinggamemerlukanpenelitilanjutanuntukmenyampurnakanpenelitianini.