Penggunaan media powerpoint dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran muatan lokal tata busana di SMP Maarif NU Pandaan (studi pada siswa kelas VIII) / Wahyuning Kurnia Rizki

Main Author: Rizki, Wahyuning Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/48931/
Daftar Isi:
  • KataKunciPenggunaanMediaPowerPointprestasibelajarsiswaBerdasarkanobservasiawaldanwawancarayangdilakukanpadatanggal19Agustus2009denganguruTataBusanaSMPMaarifNUPandaankelasVIIIdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihdidominasigurudansiswamasihpasif.Selainitugurucenderungmenggunakanmetodedemonstrasiceramahdanpenjelasanberupagambarsederhanadipapantulissertaketeranganyangbersifatverbalsehinggapadawaktuprosesbelajarkebanyakanmerekamerasabosandanberbicaradengantemansebangkunyadantidakmemperhatikanpenjelasandarigurusehinggamenyebabkanprestasibelajarnyasangatrendah.StandarKetuntasanMinimum(SKM)yangadadiSMPMaarifNUPandaanpadapalajaranTataBusanayaitu77.Berdasarkannilairaporsemesterganjiltahunajaran2009/2010hasilnilaipelajaranTataBusana49%dibawahSKM51%siswainginlebihditingkatkanlagi.PenelitianinidilaksanakandiSMPMaarifNUPandaandengansubjeksiswakelasVIII-Fyangberjumlah25siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklussiklus1terdiridarisatupertemuansedangkansiklus2terdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatakeaktifandanprestasibelajarsiswamenggunakanlembarobservasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadenganmenerapkanpembelajarandenganmenggunakanmediaslideprogramMicrosoftPowerPoint.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswameningkat36%darisiklus1kesiklus2.Padasiklus1prestasibelajarsiswamencapai60%atau15siswayangtuntassedangkan32%atau10siswabelumtuntas.Padasiklus2prestasibelajarmeningkatmenjadi88%atau22siswayangtuntasdan12%atau3siswabelumtuntasdengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarandenganmenggunakanmediaslideprogramMicrosoftPowerPointdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIII-FSMPMaarifNUPandaan.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasarannyasebagaiberikut(1)BagiguruTataBusanahendaknyamenerapkanmodelpembelajarandenganmediaslideprogramMicrosoftPowerPointpadamateriyangsesuaidenganvariasiyanglainagarsiswatidakmerasabosandanjenuhdalamkegiatanpembelajaran.(2)Bagipenelitianselanjutnyapenelitianinidapatdikembangkanuntukmateriselainpembuatanpolarokcelanadanpolacelanapanjangselainitudiharapkanadanyavariasimodelpembelajaranagarsiswalebihtertarikdantermotivasidalamkegiatanpembelajaran.