Pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C (studi kasus di SKB Kota Malang) / Chandra Yuliarta Putra

Main Author: Putra, Chandra Yuliarta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/4876/
Daftar Isi:
  • KataKunciPaketCPengelolaanPembelajaranProgramPendidikanKesetaraanPaketCSetaraSMAmerupakanprogrampendidikantingkatSMAbagiwargamasyarakatyangputussekolahSMAataululusanSMPyangtidakdapatmelanjutkankeSMA/SMK.SKBKotaMalangmerupakansalahsatupenyelenggaraprogrampendidikankesetaraanPaketCsebagaibentukkegiatanpendidikanluarsekolah.Berdasarkanstudipendahuluanditemukanberbagaikegiatanpembelajarandiantaranyajadwalyangtertatanamunkehadirantutortidaksesuaidenganjadwalbahanbelajarataumodulberasaldaritutorsertapenyediaanmediapembelajaranyangkurang.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengelolaanpembelajaranprogrampendidikanKesetaraanPaketCSKBKotaMalangdanfaktorpendukungdanpenghambatpengelolaanpembelajaran.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.Metodepenggaliandatayangdigunakanadalahteknikwawancaraobservasidanstudidokumentasi.Teknikanalisayangdigunakanadalahreduksidatadisplaydatadanpenarikankesimpulanberdasarkananalisisteori-teoripembelajaranpendapatparapakardantemuandataPengelolaanpembelajaranmeliputiperencanaanpembelajaran(1)Tujuanpembelajarantutordidasarkanpadamateriajarmelaluipengembanganpokokbahasanatausubpokokbahasan.(2)Penyiapanmateripembelajaranmenggunakanmodulpendidikankesetaraanberacuanpadakurikulumpendidikankesetaraandenganmenambahrujukandaribukuacuanlain.(3)Strategipembelajaranmenggunakanpembelajarankelompokdanmandiri.(4)MetodePembelajaranyangditerapkan(a)ceramahsehinggapembelajaranterkesanmonotonmembuatwargabelajarmerasajenuhsehinggaseringmeninggalkankelas.(b)Melakukanreview(ulangan)bahanpelajarannamunkurangberjalansecaraefektifkarenatidakmelibatkansemuawargabelajar.(c)Memberikanlatihansebagaifeedbacknamuntidakberjalansecaramaksimaldengantidakterdorongnyainisiatifdariwargabelajaruntukbertanya.(5)Mediapembelajaranterbataspapantulis.Sertamediapraktekyangmerupakankreatifitasdaritutor.Pelaksanaanpembelajaran(1)Tutortidakmelakukanprosedurpengelolaankelashanyamendinamiskansuasanakelasyangramai.(2)Motivasidilakukanolehtutorsecarainternaldanmotivasieksternaldilakukanolehpengelola.Evaluasipembelajarandilakukanpadaakhirpenyampaianmateripelaksanaanujiantengahsemesterujianakhirsemesterdanujiannasional.Faktorpendukungkesesuaianwaktubelajardengankebutuhanwargabelajar.Faktorpenghambatnyaminimnyabahanajar(bukupaket)sertakurangnyapengetahuantutortentangprinsip-prinsippembelajaranorangdewasa.