Pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C (studi kasus di SKB Kota Malang) / Chandra Yuliarta Putra
Main Author: | Putra, Chandra Yuliarta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/4876/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPaketCPengelolaanPembelajaranProgramPendidikanKesetaraanPaketCSetaraSMAmerupakanprogrampendidikantingkatSMAbagiwargamasyarakatyangputussekolahSMAataululusanSMPyangtidakdapatmelanjutkankeSMA/SMK.SKBKotaMalangmerupakansalahsatupenyelenggaraprogrampendidikankesetaraanPaketCsebagaibentukkegiatanpendidikanluarsekolah.Berdasarkanstudipendahuluanditemukanberbagaikegiatanpembelajarandiantaranyajadwalyangtertatanamunkehadirantutortidaksesuaidenganjadwalbahanbelajarataumodulberasaldaritutorsertapenyediaanmediapembelajaranyangkurang.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengelolaanpembelajaranprogrampendidikanKesetaraanPaketCSKBKotaMalangdanfaktorpendukungdanpenghambatpengelolaanpembelajaran.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.Metodepenggaliandatayangdigunakanadalahteknikwawancaraobservasidanstudidokumentasi.Teknikanalisayangdigunakanadalahreduksidatadisplaydatadanpenarikankesimpulanberdasarkananalisisteori-teoripembelajaranpendapatparapakardantemuandataPengelolaanpembelajaranmeliputiperencanaanpembelajaran(1)Tujuanpembelajarantutordidasarkanpadamateriajarmelaluipengembanganpokokbahasanatausubpokokbahasan.(2)Penyiapanmateripembelajaranmenggunakanmodulpendidikankesetaraanberacuanpadakurikulumpendidikankesetaraandenganmenambahrujukandaribukuacuanlain.(3)Strategipembelajaranmenggunakanpembelajarankelompokdanmandiri.(4)MetodePembelajaranyangditerapkan(a)ceramahsehinggapembelajaranterkesanmonotonmembuatwargabelajarmerasajenuhsehinggaseringmeninggalkankelas.(b)Melakukanreview(ulangan)bahanpelajarannamunkurangberjalansecaraefektifkarenatidakmelibatkansemuawargabelajar.(c)Memberikanlatihansebagaifeedbacknamuntidakberjalansecaramaksimaldengantidakterdorongnyainisiatifdariwargabelajaruntukbertanya.(5)Mediapembelajaranterbataspapantulis.Sertamediapraktekyangmerupakankreatifitasdaritutor.Pelaksanaanpembelajaran(1)Tutortidakmelakukanprosedurpengelolaankelashanyamendinamiskansuasanakelasyangramai.(2)Motivasidilakukanolehtutorsecarainternaldanmotivasieksternaldilakukanolehpengelola.Evaluasipembelajarandilakukanpadaakhirpenyampaianmateripelaksanaanujiantengahsemesterujianakhirsemesterdanujiannasional.Faktorpendukungkesesuaianwaktubelajardengankebutuhanwargabelajar.Faktorpenghambatnyaminimnyabahanajar(bukupaket)sertakurangnyapengetahuantutortentangprinsip-prinsippembelajaranorangdewasa.