Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan macromedia flash dan hand out pada materi pembuatan pola kemeja pria di kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang / Farida Indah Nur Laila
Main Author: | Laila, Farida Indah Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48369/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailaFaridaIndahNur.2016.PerbedaanHasilBelajarAntaraSiswaYangMenggunakanMacromediaFlashDanHandOutPadaMateriPembuatanPolaKemejaPriaDiKelasXIJurusanTataBusanaSMKN3Malang.Skripsi.JurusanTeknologiIndustri.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.NurEndahPurwaningsihM.Pd.(II)AnikDwiastutiS.T.M.TKatakuncihasilbelajarmacromediaflashhandoutKegiatanpembelajarandilakukansecaraefektifdanefisienagarmateridapatdiingatdandipahamiolehsiswadenganbaik.BerdasarkanhasilobservasiawalyangtelahdilakukanpenelitipadagurupengajarmatapelajaranpembuatanpoladikelasXITataBusanaSMKN3Malangdiketahuibahwaprosespembelajaranpadamateripembuatanpolakemejapriamenggunakanmetodeceramahdanmateridisajikandalambentukmediacetak.Dampakyangterlihatdaripembelajarantersebutsiswamerasasulitdanhasilbelajarsiswakurangmemuaskan.PenggunaanMacromediaflashpadapembuatanpolakemejapriamerupakanprodukpengembanganpadapenelitianyangdilakukanolehSusanWindiAriniyangdapatdigunakandalampembelajaranmateripolakemejapria.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelasXIJurusanTataBusanayangbelajarmenggunakanmacromediaflashdanhandoutpadamateripembuatanpolakemejapria.Hipotesispenelitianiniadalahsiswayangbelajarmenggunakanmacromediaflashhasilbelajarnyaberbedadengansiswayangbelajarmenggunakanhandout.Penelitianinimenggunakanjenispenelitianeksperimensemu(quasyexperimental)denganrancanganpre-tespos-tesnonequivalentcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampeljudgmentpadapenelitianinimenggunakanprinsiprata-ratanilaisamaatauhampirsamapadapelajaranpembuatanpolayangditetapkanbersamagurupengampumatapelajaranini.SampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXIWirausahasebagaikelaseksperimenyangbelajarmenggunakanmediamacromediaflashdankelasXIDressMakingsebagaikelaskontrolyangbelajarmenggunakanhandout.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahtestulistesunjukkerjasiswamembuatpolakemejapriadantespenilaiansikap.Ujivaliditasmenggunakanvaliditasisidanujireliabilitasspearmanbrown.Teknikanalisadatayangdigunakanadalahanalisaujit.Rata-ratanilaipos-teskelaseksperimenadalah83125danrata-ratanilaipos-teskelaskontroladalah7935.Hasilujitdiperolehthitung(2626)ttabel(1679)makaH0ditolakdanHaditerimayangberartiadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangbelajarmenggunakanmacromediaflashdanmediacetakpadamaterimembuatpolakemejapriadikelasXIjurusanTataBusanaSMKN3Malang.Kesimpulanpadapenelitianiniyaituterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasiswayangbelajarmenggunakanmacromediaflashdansiswayangbelajarmenggunakanhandout.Perbedaantersebutterlihatpadarata-ratanilaipos-tessiswapadakelaseksperimenlebihtinggidaripadarata-ratanilaipos-tessiswapadakelaskontrol.Berdasarkanhasilpenelitiandankesimpulanmakasaranyangditulispenelitiyaitu(1)bagigurumacromediaflashdapatdijadikansebagaisalahsatumediaalternatifuntukmempermudahprosespembelajaran(2)bagisekolahmediamacromediaflashpadamateripembuatanpolakemejadapatsebagaibahanmasukanuntukmeningkatkanmutupembelajaranpadamateripembuatanpolakemejapria(3)bagipenelitilainhasilpenelitianinidapatdigunakansebagairujukanuntukpenelitianyangsejenis.