Pengembangan bahan ajar mengolah makanan Indonesia kelas X di SMK Negeri 1 Bagor Nganjuk / Ika Gunartin
Main Author: | Gunartin, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48296/ |
Daftar Isi:
- GunartinIka.2014.PengembanganBahanAjarMengolahMakananIndonesiaKelasXSMKN1BagorNganjuk.SkripsiJurusanTeknoligiIndustriFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembingbing(1)Dr.H.AmatNyotoM.Pd.(2)Dra.WiwikWahyuniM.Pd.KataKuncibahanajarmengolahmakananIndonesiaSMKtataboga.Bahanajaradalahsegalabentukbahanberupainformasialatteksdanseperangkatmateriyangdisusunsecarasistematisbaiktertulismaupuntidaktertulisyangdigunakanguruuntukperencanaandanpelaksanaankegiatanmengajar.BahanajarmengolahmakananIndonesiayaitubahanajarpendidikanMengolahMakananIndonesiadianggapsangatpentingadanyadalamprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanbahanajaryanglayakuntukdigunakansebagaisumberbelajarpadamatapelajaranmengolahmakananIndonesia.Langkah-langkahdalampengembanganbahanajaryaitu(1)Predesignstage(2)Designstage(3)Postdesignstage.ValidasibahanajarmengolahmakananIndonesiadilakukanahlimateripembelajaranahlimediapembelajarandanahlibahasaIndonesia.UjicobakelompokkecildilakukankepadasiswakelasXjasabogadiSMKN1BagorNganjuk.Instrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenilaianprodukpengembanganiniberupainstrumentpenilaiandanwawancarabebas.AnalisadatadimulaidarivalidasidariahlimediaahlimateridanahlibahasaIndonesialaludiujicobakanpadakelompokkecilyaitusiswaSMKN1Bagor.Penilaiandariahlimediamemperolehhasil64.5%ahlimateri(dosen)memperolehhasil625%ahlimateri(guru)844%ahlibahasamemperolehhasil70%ujicobasiswamemperolehskor889%.BerdasarkankriteriakelayakanprodukdiketahuibahwabahanajarmengolahmakananIndonesiatergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Saranbagipenelitiselanjutnyaadalahasilpengembanganinihanyasampaitersusunnyasebuahprodukbelumsampaipadatingkatkeefektifanbahanajardalamprosespembelajaran.Sehinggaperludilanjutkanpadapenelitiankeefektifanprodukyangdikembangkan.Mengembangkanprodukbahanajardenganpokokbahasanataumaterilain.Tahapujicobaprodukinihanyapadatahapujicobaterbatasbelumsampaipadatahapujicobalebihluasolehkarenaitudisarankanuntukmelanjutkanpenelitiandanpengembanganketahapujicobalebihluas.