Persepsi siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran produktif bidang keahlian restoran di SMK Negeri 7 Malang / Majid
Main Author: | Majid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48122/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMajid.2010.PersepsiSiswaTerhadapPembelajaranMataPelajaranProduktifBidangKeahlianRestoranDiSMKNegeri7Malang.Skripsi.JurusanTeknologiIndustri.ProgramStudiS1PendidikanTataBoga.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.WidiyantiM.Pd.(2)Dra.WiwikWahyuniM.Pd.KataKunciPersepsiSiswaPembelajaranMataPelajaranProduktif.Matapelajaranproduktifmerupakansebagianprogramkeahlianrestoranyangmembekalipesertadidikdenganketerampilanpengetahuandansikapagarkompetendanmerupakanupayabagisekolahyangmenjaditempatbernaungbagisiswasesuaidengankurikulumyangdiberlakukanyangmenitikberatkanpadapenguasaandanpengetahuansikapdanketerampilantertentupadapenerapandilapangan.Berhasiltidaknyaprosesbelajarmengajarpadamatapelajaranproduktifdisekolahdisesuaikandengantujuanyangdiharapkanditentukanolehbanyakfaktorbaikdariinternalmaupundarieksternal.KenyataanyangadapadasaatpenelitianawaldilakukanminatbelajarsiswapadamatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestorandiSMKNegeri7Malangselalutimbuldantenggelamdimanasiswahanyamemilikiminatkarenaadanyapaksaandanjikaditinjaudaridayaserapdankemampuanbelajarsiswamasihrendah.BerdasarkanpengamatanselamapenelitianinimenunjukkanpelaksanaanpembelajaranpadamatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestoranyangdilakukandiSMKNegeri7Malangtidakberjalansebagaimanamestinya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPersepsiSiswaTerhadapPembelajaranMataPelajaranProduktifBidangKeahlianRestorandiSMKNegeri7Malangmeliputi1)metodepembelajaran2)bahanajardan3)fasilitaspembelajaran.Responden/subjekyangdipergunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasXIrestoran1danrestoran2yangadadiSMKNegeri7Malangpadatahunajaran2009/2010yangberjumlah20siswadari53jumlahkeseluruhansampelyangdipergunakandarikelasXIrestoran1sebanyak10siswadandarikelasXIrestoran2sebanyak10siswa.TeknikatauproseduryangdigunakandalampenelitianiniadalahTeknikSampleNon-Randomyaitusetiapindividuyangmenjadianggotapopulasitidakmempunyaikesempatanyangsamauntukdijadikananggotasampelpenelitian.DikarenakanjadwalyangadapadasiswakelasXIrestoran1dansiswakelasXIrestoran2SMKNegeri7Malangpadatahunajaran2009/2010sudahmemasukimasaujianakhirsemestersertajadwalpagelaranboga(restoran)danbusanayangmenghambatpenelitiuntukmelakukanpenelitian.ProsedurpenelitianyangdigunakanadalahtekniksamplingNon-ProbabilitasPurposiveatauyangdisebutjugatekniksamplingpertimbangan.Metodepengumpulandatamenggunakanpedomanwawancara.Selanjutnyadatayangdiperolehdianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Daripaparandatahasilwawancaramenunjukkanbahwadarijawabansiswaterhadappertanyaanpadasaatwawancarabersifathomogen.(1)PersepsisiswaterhadapmetodepembelajaranpadamatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestorandiSMKNegeri7Malangsecaraumumkurangbaik(2)Persepsisiswaterhadapbahanajarpadamatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestoranyangdirasakansiswasecaraumumcukupbaik(3)Persepsisiswaterhadapfasilitaspembelajaranpadamatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestoransecaraumumkurangbaik.DengandemikianmenunjukkanbahwapersepsisiswaSMKNegeri7Malangterhadappembelajaranmatapelajaranproduktifbidangkeahlianrestoransecaraumumkurangbaik.