Perbedaan hasil belajar pemrograman dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibandingkan dengan Creative Problem Solving (CPS) berbantuan handout pada siswa kelas X Multimedia (MM) di SMK Negeri 11 Malang / Musfirati Khasanah

Main Author: Khasanah, Musfirati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/48048/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhasanahMusfirati.2017.PerbedaanHasilBelajarPemrogramanDasarkarenaPengaruhPenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)DibandingkandenganCreativeProblemSolving(CPS)BerbantuanHandoutpadaSiswaKelasXMultimedia(MM)diSMKNegeri11Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SetiadiCahyonoPutro.M.Pd.M.T.(2)TriyannaWidiyaningtyasS.T.M.T.KataKunciGroupInvestigationCreativeProblemSolvingHasil.PenelitianinidilatarbelakangidenganpermasalahanyangdihadapisiswaketikaprosespembelajaranPemrogramanDasarberlangsung.PermasalahantersebutmeliputikurangnyaketertarikansiswadalammemahamimaterikeaktifansiswadalamberpendapatketarmpilansiswadalammenyelesaikansuatupermasalahankurangoptimalbeberapakelompoktidakmengerjakantugasatauterlambatmengerjakantugasdannilaiUTSyanghampir50%kelastidakmelampauiKKM.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarsiswadalamranahkognitifdanpsikomotorikdenganmenerapkanmodelGroupInvestigationdanCreativeProblemSolvingberbantuanhandout.SelainitupenelitianinijugabertujuanuntukmembandingkanhasilbelajarranahkognitifdanranahpsikomotorikdiantarakeduamodeltersebutsehinggadiperolehhasilyangmaksimaldalammelakukanpembelajaranPemrogramanDasar.ModelpembelajaranGroupInvestigationmerupakanmodelpembelajaranyangmenekankankerjasamaantarsiswadalammenginvestigasisuatupermasalahan.ModelpembelajaranCreativeProblemSolvingmerupakanmodelpembelajarandenganmenekankankerjasamaantarsiswadalammemecahkansuatupermasalahandidasarkanpadaketerampilan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimenmodelquasieksperimentalyaitupretestposttestdenganpendekatankuantitatif.KelaseksperimenyangakanditelitisebagaisampelyaitukelasXMM1danXMM2.Variabelyangdiukurpadakeduakelasadalahhasilbelajarranahkognitifdanranahpsikomotorik.KelasXMM1berjumlah33siswadiberiperlakuanmodelpembelajaranGroupInvestigationberbantuanhandout.KelasXMM2berjumlah32siswadiberiperlakuanmodelpembelajaranCreativeProblemSolvingberbantuanhandout.Teknikpengumpulandatameliputiobservasidansoalpilihanganda.Teknikanalisisdatameliputiujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.Hasildaripenelitianinidiperoleh(1)rata-ratahasilbelajarkelasXMM1dalamranahkognitifsebesar70303danranahpsikomotoriksebesar70303sedangkanrata-ratahasilbelajarkelasXMM2dalamranahkognitifsebesar79375danranahpsikomotoriksebesar77031(2)HasilujitdalamranahkognitifdenganmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationdanCreativeProblemSolvingsebesar0028karena0028005makaterdapatperbedaandalamranahkognitifdiantarakeduanya.HasilujitdalamranahpsikomotorikdenganmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigationsebesar0046danCreativeProblemSolvingsebesar0045.Berdasarkanhasiltersebut0046005dan0045005makaterdapatperbedaandalamranahpsikomotorikdiantarakeduanya.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)penelitianterhadaphasilbelajardalamranahkognitifdenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdiperolehnilaitertinggisebesar100nilaiterendahsebesar40dannilairata-ratasebesar70303(2)penelitianterhadaphasilbelajardalamranahkognitifdenganmenggunakanmodelpembelajaranCreativeProblemSolvingdiperolehnilaitertinggisebesar100nilaiterendahsebesar40dannilairata-ratasebesar79375(3)penelitianterhadaphasilbelajardalamranahpsikomotorikdenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdiperolehnilaitertinggisebesar95nilaiterendahsebesar50dannilairata-ratasebesar70303(4)penelitianterhadaphasilbelajardalamranahpsikomotorikdenganmenggunakanmodelpembelajaranCreativeProblemSolvingdiperolehnilaitertinggisebesar95nilaiterendahsebesar50dannilairata-ratasebesar77031(5)HasilyangdiperolehdarimodelpembelajaranGroupInvestigationadalah0028danhasildarimodelpembelajaranCreativeProblemSolvingadalah0028(6)HasilyangdiperolehdarimodelpembelajaranGroupInvestigationadalah0046danhasildarimodelpembelajaranCreativeProblemSolvingadalah0045.