Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X TKJ menggunakan model pembelajaran problem based learning dan think pair share pada matapelajaran jaringan dasar di SMKN 1 Udanawu Blitar / Meirza Anji Syahputra
Main Author: | Syahputra, Meirza Anji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48046/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSyahputraMeirzaAnji.2017.PerbedaanHasilBelajardanMotivasiBelajarSiswaKelasXTKJMenggungakanModelPembelajaranProblemBasedLearningdanThinkPairSharepadaMataPelajaranJaringanDasardiSMKN1UdanawuBlitar.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)TriyanaWidyaningtyasS.T.M.TKataKunciHasilBelajarMotivasiBelajarProblemBasedLearning(PBL)ThinkPairShare(TPS)DiSMKN1UdanawuBlitarmodelpembelajaranmasihmenerapkanmodelpembelajarantradisionaldenganmetodeceramah.PenerapanmodelProblemBasedLearningdanThinkPairSharediharapkandapatmenjadialternatifyangbermanfaatdandapatditerapkandalamprosespembelajarangurudikelas.Penelitianbertujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajar(2)perbedaanmotivasibelajar(3)pengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasyeksperimentdengandesainposttestonlydesign.DesainpenelitianinimenggunakanduakelassebagaikelaAditerapkanmodelpembelajaranThinkPairSharedankelasBditerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Teknikanalisisdatayaitudenganujiinstrumentujiprasyaratanalisisdanujibeda.Ujiinstrumentterdiridariujivaliditasujireliabilitasujitingkatkesukarandanujidayabeda.Ujiprasyaratanalisisdatameliputiujinormalitasujihomogenitasdanujikesamaanduarata-ratadanujibedayaitumenggunakanuji-tindependentsample.Ujicobapenelitiantelahmembuktikanbahwadikeduakelasmempunyaikemampuanawalyangsama.KemudiankeduakelasdiberiperlakuanyangberbedayaitudenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairSharedanProblemBasedLearningdidapatkanhasilbelajardandatamotivasibelajarsiswa.PenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangsignifikanantarakelasAdenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkPairSharedankelasBdenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Dilihatdariuji-tpadaranahpengetahuandengansig(2-tailed)0000