Perbedaan hasil belajar mata pelajaran produktif perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jigsaw pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X di SMK Negeri 11 Malang / Cahyaning Pininta Kustia
Main Author: | Kustia, Cahyaning Pininta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48041/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKustiaCahyaningPininta.2016.PerbedaanModelPembelajaranStudentTeamsAchivementDivision(STAD)denganJigsawTerhadapHasilBelajarMataPelajaranPerakitanKomputerProgramKeahlianTeknikKomputerdanJaringanKelasXdiSMKNegeri11Malang.SkripsiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HarySuswantoS.T.M.T.(2)YuniRachmawatiS.T.M.T.KatakunciHasilBelajarStudentTeamsAchivementDivision(STAD)JigsawPerakitanKomputer.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMKN11MalangkelasXprogramkeahlianTeknikKomputerJaringanprosespembelajaranyangterjadiadalahsebagaiberikut(1)semuamateridisampaikanolehgurusehinggamembutuhkanwaktuyangrelatiflama(2)siswakurangmemilikirasatanggungjawabpadaprosesdiskusi(3)siswabergantungpadaanggotakelompoknya(4)siswatidakmampumemahamimateriyangcukupbanyak(5)hasilbelajarsiswarendah.Karenaprosespembelajaranmasihberpusatpadagurudankurangnyarasatanggungjawabsiswadalamkegiatandiskusisehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswakurangmemuaskan.UntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaKompetensiDasartataletakkomponenkomputerperludiadakanperbaikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranjigsaw.Rancanganpenelitianinimenggunakankuantitatifkomparatifdenganmetodeeksperimensemu(quasiexperimental)yangtermasukdalamjenispenelitianeksperimenpretest-posttescontrolgroupdesign.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTeknikKomputerdanJaringan1danKelasXTeknikKomputerdanJaringan2diSMKNegeri11Malangtahunajaran2015/2016yangterdiridari68siswa.SampelpadapenelitianiniyaitukelasTKJ1sebagaikelaskontroldankelasTKJ2sebagaikelaseksperimen.Variablepenelitianterdiridarivariablebebasyaitumodelpembelajarandanvariableterikatyaituhasilbelajar.Hasilanalisispenelitianinimenggunakanujistatisticyaituuji-tduapihakyangdihitungdenganbantuanSPSS.Hasiluji-tmenunjukkannilaisig005danthitungttabel.Darihasilanalisisuji-tdiperolehbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarranahpengetahuansikapdanketerampilanyangmenerapkanmodelpembelajaranSTADdanJigsawpadamatapelajaranPerakitanKomputerpadajurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegeri11Malang.