Studi komparasi minat dan hambatan belajar siswa kelas RSBI dan akselerasi pada mata pelajaran TIK kelas XI SMAN 4 Malang / Amidatus Sholihat Jamil

Main Author: Jamil, Amidatus Sholihat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/48023/
Daftar Isi:
  • KataKunciminatbelajarhambatanbelajarRSBI(RintisanSekolahBerstandartInternasional)danprogramakselerasiadalahprogram-programkelasunggulansekolahyangditujukanuntuksiswayangmemilikikecerdasanlebihtinggidibandingkankelasregulertetapiapakahdengantingkatkecerdasanlebihtinggimakasiswa-siswatersebutmemilikiminatbelajaryangtinggipulapadamatapelajaranTIKSedangkanminatbelajarmerupakanhalyangsangatpentingdalamprosesbelajarsiswadisampingituprosesbelajardanmengajaryangdilakukanolehsiswatidakselalulancarsepertiyangdiharapkanterkadangsiswamengalamikesulitanbelajaratauhambatan-hambatanbelajar.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanminatdanhambatanbelajarsiswakelasRSBIdanakselerasiSMANegeri4MalangsertauntukmengetahuiperbedaanminatdanhambatanbelajarsiswakelasRSBIdanakselerasiSMANegeri4Malang.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankuantitatifyangdirancangsebagaipenelitiandeskriptifkomparatif.Variabelpenelitianyaituminatbelajardanhambatansiswa.PopulasidalampenelitianiniseluruhsiswakelasXIRSBIdanXIakselerasiSMANegeri4Malangyangberjumlah260siswa.SampelpenelitianditentukandenganmenggunakantekniksamplingnonprobabilitasyaitusamplingkebetulanatausamplingseadanyadimanadalampenentuankelasyangbisadigunakansebagaisampelpenelitiandibantuolehguruTIKSMANegeri4Malang.Instrumenyangdigunakanadalahangketdanpedomanwawancara.Teknikanalisisdatayangdipergunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdananalisiskomparatif.HasilanalisismenyatakanbahwakomparasiminatbelajarantarasiswakelasXIRSBIdanakselerasidiperolehnilaiSig.(0043)005.danthitung(2.076)ttabel(1674)haltersebutberartibahwaadaperbedaanminatbelajarantarasiswakelasRSBIdankelasakselerasi.SedangkanuntukkomparasihambatanbelajarantarasiswakelasXIRSBIdanakselerasinilaiSig.(0504)005.danzhitung-0668ztabel(196)haltersebutberartibahwatidakadaperbedaanhambatanbelajarantarasiswakelasRSBIdankelasakselerasi.Kesimpulanpenelitianiniadalah(1)BerdasarkanhasilanalisisdapatdiketahuibahwaadaperbedaanminatbelajaryangsignifikanantarasiswakelasRSBIdanakselerasidiSMANegeri4Malang(2)BerdasarkanhasilanalisisdapatdiketahuibahwatidakadaperbedaanhambatanbelajarantarasiswakelasRSBIdanakselerasidiSMANegeri4Malang.SetelahdiketahuihasilpenelitianmakahendaknyaguruberusahamenciptakansuasanapembelajaranTIKyangbisamempertahankandanmeningkatkanminatbelajarsiswa.Selainitusekolahjugahendaknyamendukungsegalatindakanyangbisamenciptakansuasanabelajaryangefektifdenganmemperhatikanhambatan-hambatanbelajaryangdialamisiswapadasaatmatapelajaranTIKberlangsung.