Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar pada pokok bahasan penerapan fungsi peripheral dan instalasi PC siswa kelas X SMKN 6 Malang / Agus Nuryanto
Main Author: | Nuryanto, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/48022/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarJigsawNumberedHeadsTogether(NHT)Peripheral.Dalamrangkameningkatkansumberdayamanusiayangberkualitasdiperlukanstrategipembelajaranyangdiharapkanmampumemperbaikisistempendidikanyangtelahberlangsungselamaini.Salahsatutolakukurkeberhasilanguruadalahbiladalampembelajaranmencapaihasilyangoptimal.Keberhasilaninisangatdipengaruhiolehkemampuanguruuntukmengelolaprosesbelajarmengajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaralangsungdenganguruPeripheralkelasXTKJdiSMKN6Malangdiperolehketeranganbahwametodeyangseringdigunakandalampengajaranperipheraladalahmetodeceramah.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifkomparatifdenganmenggunakanmetodeeksperimensemu(quasiexperimental).VariabeldalampenelitianiniadalahhasilbelajarranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswakelasXTKJpadapokokbahasanPerbaikanPeripheralsebagaivariabelterikatsedangkanvariabelbebasnyaadalahmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdantipeNHT.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKN6Malangsemester1tahunajaran2010/2011sebanyak266siswadengansampelpenelitianadalahkelasXTKJ4kelasXTKJ5dankelasTKJ6.Pengambilansampelmenggunakantekniksamplingkelompok(kluster).Instrumenpenelitianiniyaituinstrumenpembelajarandanpengukuran.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatif.Analisisstasistikkuantitatifuntukmenganalisisdatakemampuanawalsiswadanhasilbelajarsiswayangterdiridariujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeNHTlebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeJigsaw.Untukhasilbelajarranahkognitifdiperolehnilairata-ratakelaseksperimen(NHT)(8442)lebihtinggidarikelaseksperimen(Jigsaw)(7747)denganselisihsebesar695poin.Sedangkanuntukhasilbelajarranahpsikomotorikdiperolehnilairata-ratakelaseksperimen(NHT)(8563)lebihtinggidaikelaseksperimen(Jigsaw)(8068)denganselisihsebesar495poin.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHTlebihbaikdaripadamodelpembelajarankooperatiftipeJigsawterhadaphasilbelajar(ranahkognitifdanranahpsikomotorik)siswapadakompetensiMenerapkanFungsiPeripheraldanInstalasiPCsiswakelasXSMKN6Malangtahunpelajaran2010/2011.