Pengembangan modul pembelajaran berbentuk digital mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) berbasis mind mapping untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Siska Dwi Ambarwati

Main Author: Ambarwati, Siska Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/47946/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAmbarwatiSiskaDwi.2018.PengembanganModulPembelajaranBerbentukDigitalMataPelajaranPekerjaanDasarElektromekanik(PDE)BerbasisMindMappinguntukMemahamkanKonsepPadaSiswaKelasXTIPTLdiSMKN2Probolinggo.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.HariPutrantoM.Pd.(II)DyahLestariS.T.M.Eng.KataKunciPengembanganModulBerbentukDigitalPekerjaanDasarElektromekanikMindMappingPemahamanKonsep.Moduldigitalatauelektronikmerupakanbentukpenyajianbahanajaryangdisusunsecarasistematisdandisajikandalamformatelektronik.Moduldigitalmemuatmateriterstrukturyangdapatdigabungkandengananimasigambarvideoataumusiksehinggamodulakanterlihatlebihmenarik.MateripadamodulajardigitalyangakandikembangkanyaitumateripadamatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikSemesterGasal.PekerjaanDasarElektromekanikmerupakansalahsatumatapelajaranproduktifyangterdapatdipaketkeahlianTeknikInstalasiPemanfaatanTenagaListrik.Penggunaanmindmappingpadamodulinidapatmemudahkansiswauntukmemetakankonsep-konsepmateridiawalpembelajaranmengetahuihubunganantar-materidanmengetahuimateriyangakandipelajarisehinggatidakterjadikesalahankonseppadasiswa.DarihasilobservasipadagurupengampumatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikdiperolehinformasibahwapadapembelajaranPDEbahanajaryangdigunakanberupahardcopytayanganPPT.BahanajarlainyangdisediakanolehKemendikbudberupae-book.Namunbahanajartersebuttidaksesuaidengankompetensidasaryangingindicapai.KurangnyasumberbelajardalampembelajaranmenyebabkankegiatanbelajarsiswamenjadikurangoptimalmakadibuatlahmodulajardigitalPDEsemestergasal.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmerencanakanmengembangkanmengujikelayakanmodulsertamengujiefektifitasuntukpemahamankonseppadasiswa.ModultersebutdiatasdikembangkanmenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganmenurutSadiman.Langkah-langkahyangakanditempuhdalampengembanganantaralain(1)Identifikasikebutuhan(2)Perumusantujuan(3)Perumusanbutir-butirmateri(4)Perumusanalatpengukurkeberhasilan(5)Penulisannaskahmedia(6)Validasi/ujicoba(7)Revisidan(8)Produksi.Produkyangdihasilkanberupamodulpembelajaranberbentukdigitaldenganekstensi.exeuntukkomputer/PCdan.apkuntuksmartphone.Produkyangdikembangkantelahdivalidasiolehtigaahlidandiujicobapada15siswakelasXITIPTLujikelompokkecildan31siswakelasXTIPTLujicobalapangandankebergunaanproduk.Hasilvalidasiahlisebesar938%.Hasilujicobakelompokkecilsebesar900%ujicobalapangansebesar908%dannilaiujipemahamankonsepsebesar942.BerdasarkanhasiltersebutmakamodullayakdandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaranPDEuntukmemahamkankonseppadasiswakelasXTIPTL.