Pengembangan modul pembelajaran berbentuk digital mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) berbasis mind mapping untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Siska Dwi Ambarwati
Main Author: | Ambarwati, Siska Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47946/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAmbarwatiSiskaDwi.2018.PengembanganModulPembelajaranBerbentukDigitalMataPelajaranPekerjaanDasarElektromekanik(PDE)BerbasisMindMappinguntukMemahamkanKonsepPadaSiswaKelasXTIPTLdiSMKN2Probolinggo.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.HariPutrantoM.Pd.(II)DyahLestariS.T.M.Eng.KataKunciPengembanganModulBerbentukDigitalPekerjaanDasarElektromekanikMindMappingPemahamanKonsep.Moduldigitalatauelektronikmerupakanbentukpenyajianbahanajaryangdisusunsecarasistematisdandisajikandalamformatelektronik.Moduldigitalmemuatmateriterstrukturyangdapatdigabungkandengananimasigambarvideoataumusiksehinggamodulakanterlihatlebihmenarik.MateripadamodulajardigitalyangakandikembangkanyaitumateripadamatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikSemesterGasal.PekerjaanDasarElektromekanikmerupakansalahsatumatapelajaranproduktifyangterdapatdipaketkeahlianTeknikInstalasiPemanfaatanTenagaListrik.Penggunaanmindmappingpadamodulinidapatmemudahkansiswauntukmemetakankonsep-konsepmateridiawalpembelajaranmengetahuihubunganantar-materidanmengetahuimateriyangakandipelajarisehinggatidakterjadikesalahankonseppadasiswa.DarihasilobservasipadagurupengampumatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikdiperolehinformasibahwapadapembelajaranPDEbahanajaryangdigunakanberupahardcopytayanganPPT.BahanajarlainyangdisediakanolehKemendikbudberupae-book.Namunbahanajartersebuttidaksesuaidengankompetensidasaryangingindicapai.KurangnyasumberbelajardalampembelajaranmenyebabkankegiatanbelajarsiswamenjadikurangoptimalmakadibuatlahmodulajardigitalPDEsemestergasal.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmerencanakanmengembangkanmengujikelayakanmodulsertamengujiefektifitasuntukpemahamankonseppadasiswa.ModultersebutdiatasdikembangkanmenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganmenurutSadiman.Langkah-langkahyangakanditempuhdalampengembanganantaralain(1)Identifikasikebutuhan(2)Perumusantujuan(3)Perumusanbutir-butirmateri(4)Perumusanalatpengukurkeberhasilan(5)Penulisannaskahmedia(6)Validasi/ujicoba(7)Revisidan(8)Produksi.Produkyangdihasilkanberupamodulpembelajaranberbentukdigitaldenganekstensi.exeuntukkomputer/PCdan.apkuntuksmartphone.Produkyangdikembangkantelahdivalidasiolehtigaahlidandiujicobapada15siswakelasXITIPTLujikelompokkecildan31siswakelasXTIPTLujicobalapangandankebergunaanproduk.Hasilvalidasiahlisebesar938%.Hasilujicobakelompokkecilsebesar900%ujicobalapangansebesar908%dannilaiujipemahamankonsepsebesar942.BerdasarkanhasiltersebutmakamodullayakdandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaranPDEuntukmemahamkankonseppadasiswakelasXTIPTL.