Pengembangan bahan ajar berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas X semester 2 Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Ayil Qoimatul Laili

Main Author: Laili, Ayil Qoimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/47926/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLailiAyilQoimatul.2018.PengembanganBahanAjarBerbasisPQ4R(PreviewQuestionReadReflectReciteReview)PadaMataPelajaranPekerjaanDasarElektromekanikKelasXSemester2KompetensiKeahlianTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKMuhammadiyah7Gondanglegi.Skripsi.S1PendidikanTeknikElektro.JurusanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(2)Drs.SlametWibawantoM.T.KataKunciPengembanganBahanAjarStartegiPQ4RPekerjaanDasarElektromekanik.Bahanajarmerupakansalahsatuaspekpentingdalampelaksanaankegiatanpembelajaran.Pendidikakanlebihterbantudengantersedianyabahanajarterlebihapabilabahanajartersebutsesuaidengankurikulumsekolah.Padakenyataannyabahanajaryangtersediamasihterpakupadakurikulumlamasehinggamenyebabkanpendidikkesulitanmenyelaraskanmateripadakurikulumterbarudenganbahanajartersebut.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurumatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikkompetensikeahlianTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKMuhammadiyah7Gondanglegidiketahuibahwabelumtersedianyabahanajaryangsesuaidengankurikulumagartujuandarisebuahpembelajarantercapai.PengembanganinibertujuanuntukmembuatbahanajarPekerjaanDasarElektromekanikyangbelumtersediadiSMKMuhammadiyah7GondanglegidanmengujikelayakansertakeefektifanbahanajarbagipesertadidikkelasXsemester2.BahanajariniberbentukmodulcetakberbasisstrategipembelajaranPQ4R(PreviewQuestionReadReflectReciteReview)yangtelahterbuktidapatmembantupesertadidikdalammemahamihinggamenghapalinformasiataumateriyangtelahdibacadandipelajari.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianinidiadopsidaritigamodelpengembanganyaknimodelpengembanganADDIEDickandCarreydanBorgandGall.Denganlangkah-langkahpengembangansebagaiberikut(1)analisiskebutuhanbahanajar(2)desainpengembangan(3)mengembangkanbahanajar(4)merancangmengembangkanevaluasiformatif(5)revisiakhirbahanajardan(6)penyebarluasanbahanajar.SubjekujicobapadapenelitianiniadalahpesertadidikkelasXkompetensikeahlianTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKMuhammadiyah7Gondanglegisebagaiujikelayakan.Denganmenggunakanjenisdatakuantitatifyangdiperolehdariskorangketdarivalidatorisidanformatbahanajarsertaresponden.Sedangkandatakualitatifberupasarankritikdanpendapatseluruhsubjekujicoba.Setelahangketdanseluruhdatadarivalidatorisidanformatterkumpulakandilakukananalisisdatadenganujivalidasi.Apabilabahanajartersebutvalidmakasiapuntukdiujikelayakankepadaresponden.Setelahangketdanseluruhdatadarirespondenterkumpulakandilakukanujikelayakandankeefektifitasandaribahanajaryangtelahdikembangkan.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatayangtelahdilakukanmakadapatdisimpulkanbahwahasilreviewvalidatorisididapatkanskor955%dengankriteriasangatvalidhasilreviewvalidatorformatdidapatkanskor965%dengankriteriasangatvalidujicobaperseorangandidapatkanskor8587%dengankriteriasangatvalid.ujicobakelompokkecildidapatkanskor8051%dengankriteriasangatvaliddanujilapangandidapatkanskor8446%dengankriteriasangatvalid.BerdasarkanpaparandataskortersebutmodulPekerjaanDasarElektromekanikberbasisPQ4R(PreviewQuestionReadReflectReciteReview)KelasXSemester2KompetensiKeahlianTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKMuhammadiyah7Gondanglegidinyatakansangatvaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajarandisekolah.