Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran Pekerjaan dasar Elektromekanik untuk keaktifan siswa kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Wahyu Pradana Pertiwi

Main Author: Pertiwi, Wahyu Pradana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/47924/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPertiwiWahyuPradana.2018.PengembanganBahanAjarDigitalMataPelajaranPekerjaanDasarElektromekanikuntukKeaktifanSiswaKelasXTIPTLdiSMKN2Probolinggo.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.KataKunciBahanAjarDigitalEPUBPekerjaanDasarElektromekanikKeaktifanPadaerasekaranginisudahzamannyapembelajaranabad21yangmengharuskansiswamaupungurudapatmenggunakanataumengoperasikanteknologikomputerdalamkegiatanpembelajarannya.Saranadanprasaranadisekolahsudahmemadaitetapiguruhanyamenggunakanmodulcetakdantayanganpowerpointsaja.Halinidapatmembuatsiswamerasabosandanmenimbulkankemalasansaatprosespembelajaranberlangsung.SedangkankarakteristiksiswakelasXTIPTLdiSMKN2Probolinggoyanglebihmenyukaitayanganbergambardanbersuarasepertivideoyangterdapatbeberapapenjelasanataunarasididalamnyadaripadakegiatanyanghanyamencatatsaja.BerdasarkananalisismasalahdanpotensisiswamakadibuatlahpengembanganbahanajardigitalmatapelajaranpekerjaandasarelektromekanikuntukkeaktifansiswakelasXsaatprosespembelajaran.BahanajardigitalyangdigunakanadalahberformatEPUByangmensupportteksvideoaudiodangambar.Selainitutampilanbahanajardapatmenyesuaikandenganlayarperangkatkerasyangsedangdigunakan.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmerancangmengembangkandanmengetahuikelayakanbahanajardigitalpadamatapelajaranpekerjaandasarelektromekaniksertauntukmengobservasikeaktifanpadasiswakelasXTIPTLdiSMKN2Probolinggo.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganSugiyonoyangterdiridaribeberapatahapyaitu(1)potensidanmasalah(2)pengumpulandata(3)desainproduk(4)validasidesain(5)revisidesain(6)ujicobaproduk(7)revisiproduk(8)ujicobapemakaian(9)revisiprodukdan(10)produksimasal.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatadidapatkanhasildarivalidasiolehahliyaitusangatvalidsangatlayakataudapatdigunakantanparevisidariujicobaprodukdidapatkanhasildapatdigunakantanparevisidariujicobapemakaiandidapatkanhasilsangatvalidatausangatlayakdigunakan.Darihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwabahanajardigitalinisangatvalidatausangatlayakdigunakansebagaibahanajaralternatifdalampembelajaran.Selainituhasilanalisisobservasikeaktifansiswapundidapatkesimpulanbahwadalamsatukelastersebutsiswabanyakyangaktifdalamkegiatanpembelajaran.Secaragarisbesarpengembanganbahanajardigitalinidapatmembuatsiswanyamenjadiaktifdalampembelajaranberlangsung.