Pengembangan bahan ajar e-learning matakuliah rangkaian listrik DC terkait metode analisis rangkaian listrik DC untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Alfiantin Noor Azhiimah

Main Author: Azhiimah, Alfiantin Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/47891/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAzhiimahAlfiantinNoor.2017.PengembanganBahanAjarE-LearningMataKuliahRangkaianListrikDCTerkaitMetodeAnalisisRangkaianListrikDCuntukMahasiswaProgramStudiS1PendidikanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang.SkripsiS1PendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SlametWibawantoM.T.(II)DyahLestariS.T.M.Eng.KataKunciBahanAjarE-learningBahanajarmerupakansegalabentukbahanyangdisusunsecarasistematisuntukmencapaitujuanpembelajaranyangtelahditentukan.BerdasarkanhasilobservasidiJurusanTeknikElektrodanwawancaradengandosenpengampumatakuliahRangkaianListrikDCdiketahui(1)kontenuntukmatakuliahRangkaianListrikDCpadae-learningbelumtersedia(2)bahanajaryangtersediaberupabahanajarcetakyaitubukuteksdanmodul.dan(3)padaprosespembelajaranmahasiswaumumnyamasihkesulitandalammempelajarikonsepanalisisrangkaianBahanajare-learningdikembangkandenganmenggunakanmodelpengembanganSadiman.ModelpengembanganSadimanterdiridari8langkahyaitu1)identifikasikebutuhan2)perumusantujuan3)perumusanbutir-butirmateri4)perumusanalatpengukurkeberhasilan5)penulisannaskahmedia6)ujicoba7)revisidan8)naskahsiapdiproduksi.Hasildaripengembanganiniyaitubahanajare-learningberupamodulvideodankuis.Bahanajaryangdikembangkantelahdivalidasiolehahli1danahli2sertadiujicobakankepadamahasiswaS1PendidikanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang.Berdasarkanhasilangketdidapatkannilaipresentasevaliditasmodulolehahli1yaitusebesar99%(sangatvalid)ahli2sebesar9038%(sangatvalid)ujikelompukkecilsebesar8616%(sangatvalid)danujicobakelompokbesarsebesar8783%(sangatvalid).Sedangkannilaipresentasevaliditasvideoolehahli1yaitusebesar9843%(sangatvalid)ahli2sebesar9375%(sangatvalid)ujikelompukkecilsebesar8614%(sangatvalid)danujicobakelompokbesarsebesar8831%(sangatvalid).Berdasarkanhasiltersebutbahanajaryangdikembangkandinyatakansangatlayakdigunakandalamkegiatanpembelajaran.