Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) dan metode ceramah pada mata pelajaran teknik listrik kelas X di SMK Negeri 2 Singosari / Hidayatul Kharomah

Main Author: Kharomah, Hidayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/47792/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKharomahHidayatul.2016.PerbedaanHasilBelajarantaraPembelajaranCooperativetipeTeamsGameTournament(TGT)danMetodeCeramahpadaMataPelajaranTeknikListrikKelasXdiSMKNegeri2Singosari.Skripsi.S1PendidikanTeknikElektro.JurusanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HarySuswantoS.T.M.T.(II)Drs.SuwasonoM.T.KataKunciCooperativetipeTeamsGameTournament(TGT)CeramahHasilBelajarTeknikListrik.BerdasarkanhasilobservasipadasiswakelasXMataPelajaranTeknikListrikdiSMKNegeri2SingosariKabupatenMalangditemukanbeberapakendalasaatprosespembelajarankurikulum2013.Kendalatersebutberupakesulitangurumenyampaikanmateripelajaranmenggunakanpendekatansaintifikpembelajarandidominasiolehmetodeceramahsiswacederungpasifsaatprosespembelajarandansiswakurangbisamembangunkonseppemahamanmateriyangsedangdipelajari.OlehkarenaituuntukmengatasikendalatersebutpenelitibermaksudmemberikanalternatifmetodelainsebagaiperbaikandariprosespembelajaranmenggunakanpembelajarancooperativetipeTeamsgameTournament(TGT).Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarranahpengetahuanantarakelaseksperimendengankelaskontrol(2)peningkatanhasilbelajarpadakelaseksperimenyangmenggunakanpembelajarancooperativetipeTeamsGameTournament(TGT)dan(3)peningkatanhasilbelajarpadakelaskontrolyangmenggunakanmetodeceramah.Rancangandalampenelitianiniadalahquasiexperimentaldesigndenganpolanon-equivalentcontrolgroupdesign.DesainpenelitianinimenggunakanduakelasyaitukelasXTEI2sebagaikelaseksperimenyangmenggunakanpembelajarancooperativetipeTeamsgameTournament(TGT)dankelasXTEI1sebagaikelaskontrolyangmenggunakanmetodeceramah.Analisadatauntukmengujihipotesispenelitianadalahanalisisuji-t.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanhasilbelajarpadaranahpengetahuanantarakelaseksperimendengankelaskontrolrata-ratanilaipengetahuankelaseksperimensebesar8558dankelaskontrolsebesar7843(2)terdapatpeningkatanhasilbelajarpadakelasekperimenyangmenggunakanpembelajarancooperativetipeTeamsgameTournament(TGT)dan(3)terdapatpeningkatanhasilbelajarpadakelaskontrolyangmenggunakanmetodeceramah.DapatdisimpulkanbahwapembelajarancooperativetipeTeamsGameTournament(TGT)memberikanpeningkatanhasilbelajaryanglebihbaikdibandingkandenganpembelajaranyangmenggunakanmetodeceramahpadaMataPelajaranTeknikListrikKelasX.