Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa kelas X di SMKN 6 Malang / Satria Putra Permana
Main Author: | Permana, Satria Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47777/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPermanaSatriaPutra.2016.PenerapanModelPembelajaranProblemSolvinguntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarPekerjaanDasarElektromekanikpadaSiswaKelasXdiSMKN6MALANG.SkripsiJurusanTeknikElektroProgramStudiPendidikanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PugerHonggowiyonoM.T.(II)Drs.SujonoM.T.KatakunciPenelitianTindakanKelasModelKemmisMcTaggartProblemSolvingKeaktifanHasilBelajarPekerjaanDasarElektromekanik.PermasalahanpembelajaranyangterjadidiSMKN6MalangadalahsaatprosespembelajaranterdapatsiswayangmerasajenuhmengantukdanbermaingadgetkurangaktifnyadalambertanyamenjawabpertanyaandanmenyampaikanpendapatdalammengikutipembelajaranPekerjaanDasarElektromekanik.BerangkatdaripermasalahantersebutdilakukansebuahPenelitianTindakanKelasuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikdenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolving.MetodepenelitianyangdigunakanadalahmodelKemmisMcTaggartyangmerupakanpengembangandarimetodeKurtLewin.Hasilpenelitianditandaidenganmeningkatnyakeaktifandanhasilbelajar32siswadikelasX-L2padaranahpengetahuansikapketerampilandankeaktifan.Keaktifansiswanilairata-ratapadasiklusIsebesar8188dengan26siswatuntassiklus2sebesar84dengan29siswatuntasdansiklusIIIsebesar8557dengan32siswatuntas.Peningkatanhasilbelajarsiswayangmencakupranahpengetahuansikapdanketerampilandengannilairata-ratasiklusIsebesar8164siklsuIIsebesar8346dansiklusIIIsebesar863.KeterlaksaanskenariopembelajarandengannilaisiklusIsebesar7850siklsuIIsebesar85dansiklusIIIsebesar8950.KesimpulandaripenelitianyangdilakukandenganmodelpembelajaranproblemsolvingdikelasXpadamatapelajaranPekerjaanDasarElektromekanikdapatmeningkatkanhasilbelajarranahkeaktifanketerampilansikapdanpengetahuansiswa.