Pengembangan modul Programmable Logic Controller (PLC) berbasis masalah untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Novi Lailatul M.
Main Author: | Lailatul M., Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47752/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailatulNoviM.2015.PengembanganModulProgrammableLogicController(PLC)BerbasisMasalahuntukSiswaKelasXIIProgramKeahlianTeknikElektronikaIndustriSMKNegeri1BejiKabupatenPasuruan.Skripsi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(2)ArifNurAfandiS.T.M.T.MIAEng.MIEEE.Ph.D.KatakuncipengembanganmodulProgrammableLogicController(PLC)masalah.UpayameningkatkankemampuanlulusanSMKyangberkualitasdansiapbersaingdiduniakerjamaupunmasukperguruantinggidibutuhkanpembelajaranyangbaiksalahsatunyadenganmenyediakansumberbelajarberupabahanajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiSMKN1BejiKabupatenPasuruanpadamatapelajaranPLCterdapatpermasalahanbahwakurangterstrukturnyabahanajarmatapelajaranPLC.UntukmengembangkanbahanajarPLCpenelitimereviewbeberapabukuBSEditokobukuperpustakanmaupunbahanajarPLCdigitaltetapihanyasebagiankecilyangmemenuhituntutankurikulumstandarbahanajardanmodelpembelajaranyangcocokuntukmatapelajaranPLC.DengankatalainbahanajartersebuthanyamemuatmateriPLCsecaraumumdanbelummendukungmodelpembelajaranyangsesuaisehinggasiswakurangmemahamisaatprosespembelajaran.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmengujikelayakandanmengujiefektivitasbahanajarberbentukmodulpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaranPLCsemester1KelasXIIprogramkeahlianTeknikElektronikaIndustri.ModelpengembanganbahanajaryangdigunakanyaitumodelpengembanganBorgandGall.ModelpengembanganBorgandGallterdiridari10tahapanyaitu(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembanganproduk(4)ujilapanganpermulaan(5)revisiterhadapprodukutama(6)ujilapanganutama(7)revisiterhadapprodukoperasional(8)ujilapanganoperasional(9)revisiterhadapprodukakhirdan(10)revisiterhadapprodukakhir.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanpadapengembanganiniadalahlembarhasilwawancaradanangket.Berdasarkananalisisdatayangdilakukanmakadidapatkanhasilpersentasedariujilapanganpermulaanolehahlimedia86.59%ujilapanganpermulaanolehahlimateriI93.22%ahlimateriII90.25%ujilapanganutama88.46%danujilapanganoperasional92.95%denganinterpretasikelayakansangatvaliddaribatasminimalpersentasevaliditas7001%.Darihasilimplementasisemuasiswamendapatkannilaidiataskriteriaketuntasanminimal(KKM)sehinggadarianalisisdatadapatdisimpulkanbahwamodulpembelajaranPLCberbasismasalahlayakdigunakansebagaibahanajarsiswasecaramandiriataupunpembelajarandiSMK.MalangMei2016KoordinatorSkripsiDr.Muladi