Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision ( STAD ) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran Teknik Dasar Elektronika siswa kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMK Negeri 6 Malang / Moh. Thomchan Fajri

Main Author: Fajri, Moh. Thomchan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/47734/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFajriMoh.Thomchan.2015.PenerapanModelKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarMataPelajaranTeknikDasarElektronikaSiswaKelasXJurusanTeknikOtotronikSMKN6Malang.SkripsiS1PendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.DwiPrihantoS.ST.M.Pd.(2)M.RodhiFaizS.T.M.T.KataKunciPembelajaranKooperatifSTADaktivitasbelajarhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXOtotronik2SMKN6malangdiketahuibahwakegiatanpembelajarankurangterlaksanadenganbaik.PadasaatkegiatanpembelajaranTDEsiswaterlihatmengantukdanbosan.Dari33siswadikelasXOtotronik2hanyasekitartujuhsampaisembilansiswayangaktifmengikutiprosespembelajaran.Hasilbelajarsiswarendahyaituhanya36%siswayangmendapatnilaidiatasKKMdenganrata-ratanilai65.Berdasarkanpermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapataktivitasdanhasilbelajarsiswa.Salahsatutindakanperbaikanadalahdenganpenerapanmodelkooperatiftipestudentteamsachievementdivision(STAD)untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXteknikototronikSMKN6Malang.Penelitianinimengacupadamodelpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalam3siklustindakan.SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXOtotronik2semesterganjiltahunajaran2015-2016SMKN6Malangyangberjumlah33siswa.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupaaktivitasdanhasilbelajarsiswasertadatapendukungberupaaktivitasguru.Hasilpenelitianbelajaruntukranahpengetahuanmenunjukkanpenerapanmodelkooperatiftipestudentteamsachievementdivision(STAD)memilikirata-rata68denganpersentaseketuntasansiswa48.48%padasiklusIselanjutnyarata-rata72denganpersentaseketuntasansiswa78.78%padasiklusIIdanrata-rata75denganpersentaseketuntasan100%.UntukpersentasehasilbelajarranahsikapmenunjukkanpredikatyangdiperolehsiswasebanyakdenganpredikatC(cukup)rata-rata72.6padasiklusIB(baik)rata-rata88.4padasiklusIIdanSB(sangatbaik)rata-rata93.4.Sedangkanrata-ratahasilbelajarranahketerampilanmeningkatdisetiapsiklusnyasebesar70.6padasiklusI79.2padasiklusIIdan88.3padasiklusIII.Aktivitasyangdinilaiadalahkegiatanvisuallisanmendengarkanmenulismenggambarmetrikmentaldanemosional.Aktivitassiswameningkatdarirata-ratasemuaindikatordari67.64%siklusI79.61%padasiklusIIdan91.43padasiklusIII.