Pengembangan media pembelajaran interaktif kompetensi dasar memasang instalasi penerangan 1 fasa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Blitar / Wisnu Laksono
Main Author: | Laksono, Wisnu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47721/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLaksonoWisnu.2015.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifKompetensiDasarInstalasiPenerangan1FasapadaMataPelajaranKompetensiKejuruanKelasXTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKNegeri1Blitar.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SuwasonoM.T.(2)Dr.Eng.SitiSendariS.T.M.T.KataKunciMediapembelajaraninteraktifAdobeFlashCS3Instalasipenerangan1fasa.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangbertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaranKompetensiKejuruandenganmateriinstalasipeneranganlistrik1fasauntukmemfasilitasikemampuanpemecahanmasalahsiswaSMKNegeri1BlitarmenggunakanAdobeFlashCS3.Penelitianinijugabertujuanuntukmengetahuitingkatkelayakanmediapembelajaraninstalasipenerangan1fasadenganmenggunakanAdobeFlashCS3.Penelitianpengembanganmediapembelajaraninstalasipenerangan1fasamenggunakanAdobeFlashinimelalui5tahapyaitu(1)Analisiskebutuhan(2)Desain(3)Pengembangan(4)Implementasidan(5)Evaluasi.Subyekdalampenelitianiniberjumlah6siswauntukujicobakelompokkecildan28siswauntukujicobakelompokbesarjadijumlahkeseluruhansubyekpenelitianpadapenelitianinisejumlah34siswakelasXTeknikInstalasiTenagaListrikdiSMKN1Blitar.HasildaripenelitianiniberupasebuahprodukmediapembelajaranberbasisAdobeFlashyangsesuaidenganmateridalamsilabusdanRPPyangditerapkandiSMKNegeri1Blitar.Kemudianpenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuikelayakanmediapembelajaranyangdigunakanbaikdarisegipembelajaranisidantampilan.Ujicobaprodukperludilakukanuntukmengetahuikelayakanprodukmediapembelajaranyangdihasilkanagarsesuaidengankelayakannya.Hasilujicobamediapembelajaransecarakeseluruhanrespondendaripakarmediamenyatakan869%dengankriteriasangatvaliddariahlimateri1menyatakan906%danahlimateri2menyatakan875%dengankriteriasangatvaliddarisiswamenyatakan897%untukkelasTITL1dan839%untukkelasTITL2dengankriteriasangatvalid.Hasilujicobakepadaseluruhrespondenmediapembelajaraninstalasipenerangan1fasainilayakdigunakansebagaimediapembelajarandiSMKdantelahmemenuhiindikatorkeberhasilanyanglayakdanefektifsertamemberikandampakyangpositifterhadappembelajaraninstalasipenerangan1fasa.Olehkarenaitumediainidapatdigunakansiswaalternatifsumberbelajarbagigurusebagaialternatifmediapembelajarandanbagipengembanglainsebagaimasukandalammelakukanpengembanganmediapembelajaranuntukmaterilainnya.