Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI TTTL di SMKN 1 Blitar / Iyudo Saiful Catur Sakti Mahadika

Main Author: Mahardika, Iyudo Saiful Catur Sakti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/47683/
Daftar Isi:
  • MahardikaIyudoSaifulCaturSakti.2015.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarInstalasiMotorListrikSiswaKelasXITITLDiSMKN1Blitar.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.PugerHonggowiyonoM.T.(2)AhmadFahmiS.T.M.T.KataKunciPembelajarankooperatiftipethinkpairsharemotivasihasilbelajarinstalasimotorlistrik.SetelahpenelitimengikutipembelajarandalamkelasbersamabapakAdySuciptoS.Pd.ditemukankeluhangurupadaprosespembelajaranInstalasiMotorListrikpadatanggal15September2014saatpenelitimelaksanakanPPL.Keluhandankelemahanyangterdapatpadaprosespembelajaransebelumnyayaitu(1)motivasidanhasilbelajarsiswamasihkurangkhususnyauntukMaretaRidhoRoindanYunus(2)siswamegalamikesulitanmembacagambarkarenagurumenjelaskansecaralangsungdanmenggambarkanrangkaiandipapantulis(3)kebiasaanpembelajarandalamkelassiswadibagimenjadiduakelompokuntukmembahasmateriyangberbedadan(4)siswadibentukberkelompokberpasangannamunpadasaatpraktikumsiswamelaksanakannyasecaraindividu.12288122881228812288PenelitimerencanakanpenelitiantindakankelasselamaduasiklusmenggunakanmodeltindakandariKemmisdanTaggartyangmeliputiperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.12288122881228812288Untukmembenahipembelajaransebelumnyakarenamotivasibelajarsiswayangkurangpenelitimerecanakantindakandenganmemberikanvideomotivasidanmenampilkancontohkarakteryangbisaditeladanisiswapadakegiatanawalpembelajaran.Kemudianuntukmengatasikesulitanmembacagambarpenelitimenggunakansimulasirangkaiankendalisupayamempermudahpemahamanterhadapmaterirangkaiankendalimotor.SedangakankebiasaaanpembelajaransiswadalamkelasyangdibagimenjadiduakelompokyangmembahasmateriyangberbedadanpraktikunberpasangantapisecaraindividupenelitimembenahinyadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharesupayapembelajarandiskusisecaraberpasanganbisadimaksimalkandenganmemberikanmateritentangrangkaiankendalimotordantugaspraktikumyangsamasupayakemampuansiswadalamkelasjugasama.Hasilpenelitianyangdiperolehmeliputi(1)motivasibelajarsiswapadasiklusImemilikipersentase7965%danmeningkatpadasiklusIImenjadi8986%(2)hasilbelajaraspeksikappadasiklusImemilikipersentase8028%danmeningkatpadasiklusIImenjadi9063%(3)hasilbelajarketerampilanpraktikumsiswapadasiklusImemilikipersentase7890%danmeningkatpadasiklusIImenjadi8695%(4)hasilbelajaraspekpengetahuansiswapadasiklusIpersentaseketuntasannya4857%danmeningkatpadasiklusIImenjadi971%.DenganhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairsharedapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarmatapelajaranInstalasiMotorListriksiswakelasXITeknikInstalasiTenagaListrik(TITL)diSMKN1Blitaryangjugatermasukmatapelajarandijurusanteknikelektro.