Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam matapelajaran dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo / Syahrul Munir Ramadhani
Main Author: | Ramadhani, Syahrul Munir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47680/ |
Daftar Isi:
- RamadhaniSyahrulMunir.2015.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarDalamMatapelajaranDasardanPengukuranListrikSiswaKelasXDiSMKNegeri1JenanganKabupatenPonorogo.SkripsiJurusanElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(II)H.AhmadFahmiS.T.M.T.KatakunciKeaktifanhasilbelajarmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)12288122881228812288Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal1September2014menurutpenuturandariIbuTriAstutiningtyasselakugurumatapelajarandasardanpengukuranlistrikmengemukakanbahwaSMKN1Jenangansudahmenerapkankurikulum2013.Modelpembelajaranyangselamainidigunakanolehgurudalammenyampaikanmateripembelajaranadalahceramahbermaknadiselingitanyajawabdenganmenggunakanmediawhiteboarddantrainer.SelainitumenurutpemaparanIbuTribahwadikelasXOIBmasihterdapatsiswayangkurangaktifdanhasilbelajarnyamasihdibawahKKM.SiswatersebutyaitudiantaranyaLafinNawawiMuhammadAtharAgustadiM.NurRahmandanM.Farhan.Untukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukansuatubentukpembelajaranyangefektifdanefisienantaralaindenganmemilihmodelpembelajaranyangsesuaidengankebutuhansiswayaitumodelpembelajaranproblembasedlearning(PBL)12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntuk(1)meningkatkankeaktifandalammatapelajarandasardanpengukuranlistrikmelaluipenerapanmodelpembelajaranPBLdan(2)meningkatkanhasilbelajardalammatapelajarandasardanpengukuranlistrikmelaluipenerapanmodelpembelajaranPBL.JenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanmodeldariKemmisdanTaggartyangdilaksanakansesuaidenganprosedurpenelitiansebagaiberikutperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatamenggunakanteslembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.12288122881228812288Hasilpenelitianyangdiperolehmeliputi(1)keaktifanbelajarpadasiklusImemilikipersentase78%danmeningkatpadasiklusIImenjadi86%(2)hasilbelajarranahpengetahuanpadasiklusImemilikipersentase84%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%(3)hasilbelajarranahsikappadasiklusImemilikipersentase7799%danmeningkatpadasiklusIImenjadi8958%dan(4)hasilbelajarranahketerampilanpadasiklusImemilikipersentase7838%meningkatpadasiklusIImenjadi8788%.12288122881228812288Denganhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearning(PBL)dapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajardalammatapelajarandasardanpengukuranlistriksiswakelasXdiSMKN1JenanganKabupatenPonorogo.