Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Lutfiatul Ummah
Main Author: | Ummah, Lutfiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47678/ |
Daftar Isi:
- UmmahLutfiatul.2015.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTAIUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajardalamMataPelajaranElektronikaDasarpadaSiswaKelasXSMKNegeri2SingosariKabupatenMalang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SuwasonoM.T.(II)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.KataKunciTAIMotivasiBelajarHasilBelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasiawalyangberupawawancarakepadagurumatapelajaranelektronikadasardiSMKNegeri2SingosariKabupatenMalangdanhasilpengamatankelasawaldiperolehinformasibahwaprosespembelajaranelektronikadasarmasihberpusatpadaguru.Haltersebutberdampakpadamotivasibelajardanhasilbelajarsiswa.122881228812288OlehkarenaitudalampenelitianinipenelitimenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTAIdimanasiswadapatbelajarsecaraindividudalamkelompoksehinggadiharapkansiswaakanlebihbersemangatsertaaktifdalammengikutiprosespembelajarandikelas.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdimanaterdapatduasiklusdenganmasing-masingtahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekdalampenelitianadalahsiswakelasXEI-2SMKNegeri2SingosariKabupatenMalangtahunajaran2014-2015yangberjumlah35siswa.SumberdatadalampenelitianyaitusiswakelasXEI-2SMKNegeri2SingosariKabupatenMalangdanguru.Instrumenyangdigunakandiantaranyaberuparencanapelaksanapembelajaranlembarkerjasiswasoalpre-posttestjobsheetlembarobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranlembarobservasihasilbelajaraspeksikapdanketerampilansertalembarobservasimotivasisiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituberupaobservasitesdokumentasiwawancaradancatatanlapangan.122881228812288HasilpenelitiandiperolehpadasiklusIrata-ratamotivasibelajarsiswasebesar77.18%dengankriteriacukuptermotivasi(C)danmengalamipeningkatansebesar83.7%dengankriteriatermotivasi(B)padasiklusII.Sedangkanpersentasebanyaknyasiswayangtuntasdalamhasilbelajarpadamateripenempatantitikkerjatransistoradalahsebesar91.4%padasiklusIdandenganangkapresentasesebesar100%padasiklusII.122881228812288DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapancooperativelearningtipeTAIdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranelektronikadasar.