Perbedaan hasil belajar teknik kerja bengkel dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan m odel pembelajaran Student team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 10 Malang / Erma Intan Safitri
Main Author: | Safitri, Erma Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47674/ |
Daftar Isi:
- SafitriErmaIntan.2015.PerbedaanHasilBelajarTeknikKerjaBengkelDenganModelPembelajaranProjectBasedLearning(PBL)DanModelPembelajaranStudentTeamAchievementDivisions(STAD)PadaSiswaKelasXOtotronikSmkNegeri10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(II)Drs.HariPutrantoKataKunciPBLSTADHasilBelajarBerdasarkansilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)matapelajaranTeknikKerjaBengkelkelasXSMKNegeri10MalangdiperolehinformasibahwapembelajaranTeknikKerjaBengkelmenggunakanmetodeinkuiritetapipadakenyataannyamasihbanyakmenggunakanceramahdanmetodebelajarkelompoksehinggasedikitsiswayangmemperolehnilaidiatasKKM.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangmenggunakanpembelajaranmodelPBLdenganpembelajaranmodelSTAD.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudanmenggunakantipepretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.SampelpadapenelitianiniadalahkelasXOTR2(30siswa)sebagaikelaseksperimendanXOTR1(30siswa)sebagaikelaskontrol.KelaseksperimenadalahkelasyangdiajarmenggunakanmodelPBLdankelaskontroladalahkelasyangdiajarmenggunakanmodelSTAD.Instrumenpenelitianterdiridariinstrumenpenelitiandaninstrumenpengukuran.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisstatistikkuantitatifuntukmenganalisisdatakemampuanawalsiswadanhasilbelajarsiswayangterdiridariujinormalitasujihomogenitasujikesamaanduarata-ratadanujihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaannilaihasilbelajarsecarasignifikanantarakelaseksperimendankelaskontrolberdasarkanhasiluji-tyangmemperolehthitung(5079)ttabel(16715).Hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidarihasilbelajarsiswakelaskontrol.Diperolehnilairata-ratahasilbelajarkelaseksperimen(858734)lebihtinggidarinilairata-ratahasilbelajarkelaskontrol(788889).SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelPBLdenganmodelSTADmateriPapanRangkaianTercetak(PRT)padasiswakelasXOtrotonikSMKNegeri10Malang.