Perbedaan hasil belajar teknik kerja bengkel dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan m odel pembelajaran Student team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 10 Malang / Erma Intan Safitri

Main Author: Safitri, Erma Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/47674/
Daftar Isi:
  • SafitriErmaIntan.2015.PerbedaanHasilBelajarTeknikKerjaBengkelDenganModelPembelajaranProjectBasedLearning(PBL)DanModelPembelajaranStudentTeamAchievementDivisions(STAD)PadaSiswaKelasXOtotronikSmkNegeri10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(II)Drs.HariPutrantoKataKunciPBLSTADHasilBelajarBerdasarkansilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)matapelajaranTeknikKerjaBengkelkelasXSMKNegeri10MalangdiperolehinformasibahwapembelajaranTeknikKerjaBengkelmenggunakanmetodeinkuiritetapipadakenyataannyamasihbanyakmenggunakanceramahdanmetodebelajarkelompoksehinggasedikitsiswayangmemperolehnilaidiatasKKM.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangmenggunakanpembelajaranmodelPBLdenganpembelajaranmodelSTAD.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudanmenggunakantipepretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.SampelpadapenelitianiniadalahkelasXOTR2(30siswa)sebagaikelaseksperimendanXOTR1(30siswa)sebagaikelaskontrol.KelaseksperimenadalahkelasyangdiajarmenggunakanmodelPBLdankelaskontroladalahkelasyangdiajarmenggunakanmodelSTAD.Instrumenpenelitianterdiridariinstrumenpenelitiandaninstrumenpengukuran.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisstatistikkuantitatifuntukmenganalisisdatakemampuanawalsiswadanhasilbelajarsiswayangterdiridariujinormalitasujihomogenitasujikesamaanduarata-ratadanujihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaannilaihasilbelajarsecarasignifikanantarakelaseksperimendankelaskontrolberdasarkanhasiluji-tyangmemperolehthitung(5079)ttabel(16715).Hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidarihasilbelajarsiswakelaskontrol.Diperolehnilairata-ratahasilbelajarkelaseksperimen(858734)lebihtinggidarinilairata-ratahasilbelajarkelaskontrol(788889).SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelPBLdenganmodelSTADmateriPapanRangkaianTercetak(PRT)padasiswakelasXOtrotonikSMKNegeri10Malang.