Pengembangan trainer robot lengan otomatis sebagai media pembelajaran robotika / Citta Anindya
Main Author: | Anindya, Citta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/47668/ |
Daftar Isi:
- AnindyaCitta.2014.PengembanganTrainerRobotLenganOtomatisSebagaiMediaPembelajaranRobotika.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Eng.SitiSendariS.T.M.T.(2)DyahLestariS.T.M.Eng.KatakunciTrainerRobotLenganMatakuliahRobotika12288122881228812288MatakuliahRobotikadiUniversitasNegeriMalangmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswaprogrampendidikanS1PendidikanTeknikElektro.Berdasarkanhasilwawancaradenganpengajardanpengalamanpadasaatmenempuhmatakuliahrobotikakendalayangdihadapiadalahmediapembelajaranyangdigunakan.HaltersebutdikarenakanterbatasnyasaranadanprasaranasehinggakurangsesuaidenganstandartkompetensiyangterdapatpadamatakuliahRobotika.Selamasatusemestermahasiswahanyaterbataspadapengetahuanrobotlinefolloweryangmembuatstandartkompetensimatakuliahrobotikabelumterpenuhi.BerdasarkanalasantersebutdibutuhkantrainerrobotlenganotomatissebagaimediapembelajaranRobotika.12288122881228812288Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalah(1)untukmenghasilkanmediapembelajaranberupatrainerrobotlenganotomatisuntukmatakuliahRobotika(2)untukmenghasilkanmediapembelajaranberupamodulpraktikumdanpetunjukpenggunaantrainerrobotlenganotomatisuntukmatakuliahRobotika(3)melakukanpengujiankelayakanhasilpenelitianuntukmengetahuitingkatkelayakanprodukyangdikembangkan.12288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianpengembanganiniadalahmodelpengembanganSugiyonoyangtelahdisesuaikandenganobyekpenelitian.Langkah-langkahnyaadalah(1)potensidanmasalah(2)pengumpulandata(3)desainproduk(4)validasidesain(5)revisidesain(6)ujicobaproduk(7)revisiproduk.Pengambilandatavalidasipadapengembanganinidalambentukkuesionerkuesioneryangdigunakanterdiridari3jenisberdasarkanrespondenyaituuntukahlimediaahlimateridanmahasiswa.12288122881228812288Hasilujicobaprodukyangdilakukanpada3(tiga)kelompokrespondendiperolehhasilsebagaiberikut(1)ahlimediamenyatakanprodukinivaliddanlayakdigunakandenganpersentase9729%(2)ahlimaterimenyatakanprodukinivaliddanlayakdigunakandenganpersentase94%dan(3)mahasiswaS1PendidikanTeknikElektroangkatan2011offeringBmenyatakanprodukinivaliddanlayakdigunakandenganpersentase9116%padaujicobakelompokkecildan9248%padaujicobakelompokbesar.Dengandemikianmediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddanlayakdigunakandalampembelajaran.