Pengembangan modul pembelajaran pengendalian kecepatan motor DC dengan menggunakan kontrol Proportional Integral Derivatif (PID) untuk mendukung matakuliah praktikum sistem kendali / Rista Aprilowena

Main Author: Aprilowena, Rista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/47639/
Daftar Isi:
  • AprilowenaRista.2014.PengembanganModulPembelajaranPengendalianKecepatanMotorDCDenganMenggunakanKontrolProportionalIntegralDerivatif(PID)UntukMendukungMatakuliahSistemKendali.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HariPutranto(2)AriprihartaS.T.M.T.KataKunciTrainerPIDSistemKendali12288122881228812288PraktikumSistemKendalimerupakansalahsatupokokbahasanwajibbagimahasiswajurusanTeknikElektrodiUniversitasNegeriMalang.Mahasiswadituntutuntukmempelajarimenguasaidanmemahamikonsepdasarsistemkendali.Namunkenyataannyamasihadamahasiswayangmerasabahwasistemkendalimerupakanpokokbahasanyangsulit.Haltersebutdikarenakankemampuanmahasiswaberbeda-bedadalammemahamikonsepdasarsistemkendali.DarihasilinterviewdanhasilangketpersepsimahasiswayangsudahmenempuhmatakuliahPraktikumSistemKendalididapatkanbahwaadabeberapakesulitankarenabelumtersediatrainerdanmodulpadasubbahasantentangkendaliProportionalIntegralDerivatif(PID).1228812288122881228812288122881228812288BerdasarkankenyataantersebutperludirancangbahanajarberupamodulpembelajaransistemkendaliagarpembelajaranmengenaiperancangandasarkendaliPIDdikelasberlangsungsecaraaktifefektifdanbermanfaat.Pengembanganinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)menghasilkantrainerpengendalianmotorDCdenganmenggunakankontrolPIDuntukmahasiswajurusanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang(2)menghasilkanmodulpraktikumtrainerpenggunaankontrolPIDbagimahasiswadanasistendosen.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmodelSugiyonodenganlangkah-langkahsebagaiberikut(1)potensidanmasalah(2)pengumpulandata(3)desainproduk(4)validasidesain(5)revisidesain(6)ujicobaproduk(7)revisiproduk(8)ujicobapemakaian(9)revisiprodukdan(10)produksimasal.12288122881228812288Darihasilujicobayangdilakukanpadatrainerdidapatkansettlingtime3overshoot56%danrisetime2padainputsetpoint1600KP2KI05danKD02.Sedangkanerrorsteadystateadalah2%.Berdasarkanpadahasilanalisisdatapercobaandiperolehpersentasedaritiap-tiapsubyekcobasebagaiberikut(1)padaahlimediadiperolehpresentase8571%untukmodulcetakdanpersentasetrainersebesar8181%(2)padaahlimateridiperolehpersentase8095%(3)padamahasiswadiperolehpresentasesebesar8558%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapengembangantrainerpengendaliankecepatanmotorDCdengankontrolPIDuntukmatakuliahPraktikumSistemKendaliinilayakuntukdigunakansebagaimediapembelajaran.