Meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pembangkit listrik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) pada siswa kelas X Keahlian TPL di SMK PGRI 3 Malang / Nur Laili Erdiana Prawisuda

Main Author: Prawisuda, Nur Laili Erdiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/47627/
Daftar Isi:
  • PrawisudaNurLailiErdiana.2014.MeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPembangkitListrikMenggunakanPembelajaranKooperatifTipeInsideOutsideCircle(IOC)PadaSiswaKelasXKeahlianTPLDiSMKPGRI3Malang.SkripsiProgramStudiTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PugerHonggowiyonoM.T.(II)Drs.DwiPrihantoS.S.TMPd.KataKunciMotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatiftipeInsideOutsideCircle(IOC)BerdasarkanpermendiknasNomor20tahun2006siswaSekolahMenengahKejuruandipersiapkanuntukmemasukiduniakerja.Olehkarenaitusiswaharusmenguasaiseluruhkompetensiyangtelahditetapkandidalamsilabus.BerdasarkanhasilpengamatandiSMKPGRI3Malangpadatanggal4September2013diketahuibahwasiswayangmencapaiketuntasanhasilbelajarbarumencapai40%tetapiitupadamatapelajaranrangkaianlistrik.Penyebabrendahnyahasilbelajartersebutantaralainmotivasibelajarsiswarendah.Haliniditunjukkandaribanyaknyasiswayangmerasajenuhdalamkegiatanpembelajaranbersikappasiftidakmemperhatikanpelajarandanmeremehkanpelajaran.Berdasarkanhasildiskusidenganguruterungkapbahwa(1)dalammatapelajaranPembangkitListrikgurumenggunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadaguru(2)sekolahmenerapkansistempembelajaranblokdimanamatapelajaranPembangkitListrikdijadwalkanberlangsungselama945menitdalamsatuhari.SalahsatualternatifyangditawarkanuntukmengatasikendalatersebutadalahmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeInsideOutsideCircle(IOC)dalamsebuahtindakankelasatauPTK.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahmerujukdariKemisdanTaggartyaitumeliputiprosesperencanaantindakanobservasidanrefleksipadasetiapsiklusnya.AdapunjenisPTKyangdigunakanadalahPTKkolabotarifyakniadanyakerjasamaantarapenelitidanguruyangmelakukanpembelajarandikelas.Hasilpenelitianyangdiperolehpadapenelitianinimeliputi(1)motivasibelajarsiswapadasiklusImemilikipersentase794%danmeningkatpadasiklusIImenjadi90%(2)hasilbelajarranahafektifpadasiklusImemilikipersentaseketuntasansebesar871%danmeningkatsecarabaikmenjadi100%(3)hasilbelajarafektifpadasiklusImemilikipersentase7565%danmeningkatpadasiklusIIyaitumenjadi8305%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeinsideoutsidecircledapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranpemangkitlistrikpokokbahasanPLTUdanPLTApadasiswakelasXkeahlianTPLdiSMKPGRI3malang.