Pengembangan media pembelajaran simulasi rangkaian resistor, induktor dan kapasitor (RLC) / Pebriyadi

Main Author: Pebriyadi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/47612/
Daftar Isi:
  • PebriyadiPengembanganMediaPembelajaranSimulasiRangkaianResistorInduktordanKapasitor(RLC).SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.2013.Pembimbing(I)Drs.PugerHonggowiyonoM.T.(II)M.RodhiFaizS.T.M.T.KatakunciMediaPembelajaranRangkaianListrikRLC.Pemahamantentangkonsepdasarrangkaianresistorinduktordankapasitorsangatdiperlukandalambidangelektronikadasar.Sehinggadiperlukanadanyamediapembelajaranyangdapatmempermudahpemahamankonsepdasarrangkaianlistrikarusbolakbalik.Daripenjelasandiatasdirumuskansuatupermasalahanyaitubagaimanamengembangkansuatumediapembelajaranrangkaianlistrikarusbolakbalikyangbisameningkatkanpenguasaanpemahamankonsepdasarrangkaianlistrikbagaimanakeberfungsianmediapembelajarantersebutdalamprosespembelajaranrangkaianlistrikdanbagaimanakelayakanmediapembelajarantersebutdalammembantuprosespembelajaranrangkaianlistrikarusbolakbalik.Padapengembanganmediapembelajaraninipengembanganmenggunakanmodelpengembanganmediasadimanyangdimodifikasi.Pemilihanmodelinidikarenakanprosedurdalampengembanganmedialebihsesuaidantepat.Langkahlangkahprosedurpengembanganyangdilakukanmeliputi(1)identifikasikebutuhan(2)analisistujuanpembelajaran(3)pengembanganmateripembelajaran(4)menyusunnaskah(5)produksi(6)menyusunpetunjukpemanfaatan(7)validasidan(8)revisi.Sesuaidenganhasilvalidasiahlimediaahlimateridanmahasiswadidapatkanpersentasesebesar895%untukvalidasiahlimedia733%untukvalidasiahlimateridan931%untukmahasiswamakadiperolehpersentaserata-ratasebesar853%.Jadidapatdisimpulkanbahwamediapembelajaraninisudahvaliddansiapuntukdiproduksimasal.