Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini / Etantri Arienta Mulyono
Main Author: | Etantri Arienta Mulyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/4738/ |
Daftar Isi:
- Pendidikananakusiadini(PAUD)merupakankunciutamapembangunansebuahbangsa.Dimanakualitasmanusiaakanditemtukanolehrangsanganyangdiberikanpadaotakanakkarenapadasaatinilahkemampuanotakmanusiamengalamiperkembanganpesat.Untukitupendidikananakusiadiniharusmenjadipembelajaranyangberorientasipadaanakdengansegalapotensidankemampuannyabaikkemampuankognisiafeksipsikomotorikbahasadansocialemosional.SalahsatupendekatanpembelajarananakusiadiniyangberorientasipadaanakialahBCCT(BeyondCenterandCircleTime).DimanaBCCTmemilikikeunggulan-eunggulandalammemberikanstiulanbagipertumbuhananakusiadini.SalahsatunyaadalahBCCTdapatmenstimulanperkembanganaspeksocialemosional.TujuanpeneltianiniadalahuntukmengetahuiimplementasiBCCTdalammengembangkankeerdasanemosionalanakusiadinidiPlayGroupAS-SakinahKepanjen.Sedangkanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptif.PopulasipenelitianiniadalahorangtuamuriddantutorPlayGroupAs-Sakinahyangdiperolehmelaluiekniktotalsampling.pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasidokumentasiangketdanwawancara.Teknikanalisisdatayngdigunakanadalahdeskriptifdenganpresentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)darisegipenerapannyaimplementasiBCCTdiPlaygroupAssakinahtelahberlangsungdenganbaikyangdidasariolehpenilaianoranguasebesar43%dantutorsebesar52%.(2)DarisegitercapainyatahapkecerdasanemosionalanakimplementasiBCCTterbuktidapatmembantupencapaiantahapperkembangankecerdasanemosionalanakiniditunjukkandengantercapainyatahapperkembanganecerdasanemosionalanakpadausia2-4tahunolehwargabelajarsetelahmenerimapendekatanBCCT.(3)terdapatnyaketerkaitanantaratingkatpendidikanorangtuadanjenispekerjaanorangtuaterhadappencapaiankecerdasanemosionalanak.Berdasarkanhasilpenelitianmakasaranyangdiberikanadalah(1)perlunyapeningkatanpemahamanmengenaipolaasuhdanaspetumbuhkembanganakbagiparatutordanorangtuagunapeningkatanmutusumberdayabangsa(2)bagitutorPAUDhendaknyamemegangteguhdankonsistenterhadapprinsip-prinsippembelajaraPAUD(3)perlunyaketerlibaabtutordalaberbagaimacamseminardanpelatihanyangterkaitdengananakusiadinidemiperbaikanmutupendidikananakusiadini(4)penelitiberikutnyahendaknyamengembangkanpersoalanpengkajianmengenaikeefektifanpendekatanBCCTdanfungsinyabagitumbuhkembanganadenganmelakukanstudiempiricyanglebihluasdandetailagardiperolehhasilyanglebihekstensif.