Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini / Etantri Arienta Mulyono

Main Author: Etantri Arienta Mulyono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/4738/
Daftar Isi:
  • Pendidikananakusiadini(PAUD)merupakankunciutamapembangunansebuahbangsa.Dimanakualitasmanusiaakanditemtukanolehrangsanganyangdiberikanpadaotakanakkarenapadasaatinilahkemampuanotakmanusiamengalamiperkembanganpesat.Untukitupendidikananakusiadiniharusmenjadipembelajaranyangberorientasipadaanakdengansegalapotensidankemampuannyabaikkemampuankognisiafeksipsikomotorikbahasadansocialemosional.SalahsatupendekatanpembelajarananakusiadiniyangberorientasipadaanakialahBCCT(BeyondCenterandCircleTime).DimanaBCCTmemilikikeunggulan-eunggulandalammemberikanstiulanbagipertumbuhananakusiadini.SalahsatunyaadalahBCCTdapatmenstimulanperkembanganaspeksocialemosional.TujuanpeneltianiniadalahuntukmengetahuiimplementasiBCCTdalammengembangkankeerdasanemosionalanakusiadinidiPlayGroupAS-SakinahKepanjen.Sedangkanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptif.PopulasipenelitianiniadalahorangtuamuriddantutorPlayGroupAs-Sakinahyangdiperolehmelaluiekniktotalsampling.pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasidokumentasiangketdanwawancara.Teknikanalisisdatayngdigunakanadalahdeskriptifdenganpresentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)darisegipenerapannyaimplementasiBCCTdiPlaygroupAssakinahtelahberlangsungdenganbaikyangdidasariolehpenilaianoranguasebesar43%dantutorsebesar52%.(2)DarisegitercapainyatahapkecerdasanemosionalanakimplementasiBCCTterbuktidapatmembantupencapaiantahapperkembangankecerdasanemosionalanakiniditunjukkandengantercapainyatahapperkembanganecerdasanemosionalanakpadausia2-4tahunolehwargabelajarsetelahmenerimapendekatanBCCT.(3)terdapatnyaketerkaitanantaratingkatpendidikanorangtuadanjenispekerjaanorangtuaterhadappencapaiankecerdasanemosionalanak.Berdasarkanhasilpenelitianmakasaranyangdiberikanadalah(1)perlunyapeningkatanpemahamanmengenaipolaasuhdanaspetumbuhkembanganakbagiparatutordanorangtuagunapeningkatanmutusumberdayabangsa(2)bagitutorPAUDhendaknyamemegangteguhdankonsistenterhadapprinsip-prinsippembelajaraPAUD(3)perlunyaketerlibaabtutordalaberbagaimacamseminardanpelatihanyangterkaitdengananakusiadinidemiperbaikanmutupendidikananakusiadini(4)penelitiberikutnyahendaknyamengembangkanpersoalanpengkajianmengenaikeefektifanpendekatanBCCTdanfungsinyabagitumbuhkembanganadenganmelakukanstudiempiricyanglebihluasdandetailagardiperolehhasilyanglebihekstensif.