Kontribusi pemanfaatan fasilitas belajar dan penggunaan LKS terhadap hasil belajar TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 02 Kota Malang / Rakhma Agustina S.

Main Author: Rakhma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/46640/
Daftar Isi:
  • KataKunciFasilitasbelajarLKSTIKHasilBelajar.Pemanfaatanfasilitasbelajardanpenggunaansumberbelajar(LKS)memilikiperanpentingdalampendidikan.PemanfaatanfasilitasbelajarTIKdisekolahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakarenadapatmembantusiswamenyerapmateriyangdiberikanolehguru.PenggunaanLKSsebagaisumberbelajardapatmeningkatkanaktivitasbelajaryaituketrampilanberpikirsertaketrampilanpraktiksiswasehinggameningkatkanhasilbelajarTIKdisekolah.Penelitianinibertujuan(1)MengetahuiseberapabesarsumbanganpemanfaatanfasilitasbelajarterhadaphasilbelajarTIK(2)MengetahuiseberapabesarkontribusipenggunaanLKSterhadaphasilbelajarTIK(3)MengetahuiseberapabesarsumbanganX1danX2secarasimultandenganhasilbelajarTIK.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionalyaitumendeskripsikanhubunganantaravariabelbebaspemanfaatanfasilitasbelajar(X1)danvariabelbebaspenggunaanLKS(X2)terhadapvariabelterikathasilbelajarTIK(Y).SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIXSMPNegeri02KotaMalangtahunpelajaran2010/2011sejumlah385siswadenganjumlahsampel79siswa.Metodesamplingyangdigunakanadalahproportionalrandomsampling.InstrumenpenelitianmenggunakanangketuntukvariabelX1danX2dandokumentasiuntukvariabelY.Analisadatayangdigunakanadalahanalisiskorelasiparsialuntukmengetahuimasing-masinghubunganX1danX2terhadapY.DananalisiskorelasigandauntukhubunganX1danX2secarasimultanterhadapY.Besarsumbangandiperolehdarikoefisiendeterminan.AnalisisdatadilakukandenganbantuanperangkatlunakSPSSforWindowsrelease15.Hasilpenelitian(1)AdahubunganX1terhadapYdengankoefisienkorelasi(Rxy)sebesar0814.KontribusiX1terhadapYsebesar6626%(2)AdahubunganX2terhadapYdengankoefisienkorelasi(Rxy)sebesar0725.KontribusiX2terhadapYsebesar5256%(3)AdahubunganX1danX2secarasimultantehadapYdengankoefisienkorelasiganda(Rxy)sebesar0948.DankontribusiX1danX2secarasimultanterhadapYsebesar8987%.