Pengaruh efektifitas pembelajaran KKPI pada pokok bahasan mengoperasikan operasi graphics user interface dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif peta konsep dan model pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning) kelas X di SMK Negeri 1 Singosari Malang

Main Author: Andianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/46636/
Daftar Isi:
  • KataKunciefektifitaspembelajaranpembelajarankooperatifpetakonsepCTL(ContextualTeachingandLearning).DalammenunjangefektifitasKKPIpembelajaranharuslahberusahauntukdapatmencapaisasaranyangtelahditetapkansesuaidengankebutuhanyangdiperlukan.EfektifitasKKPIjugamemilikipengaruhatauakibatyangditimbulkantetapidalamhaliniefektifitasKKPIyangbaikadalahdampakdaribelajarKKPIbaikituadalahhasilbelajaryangmemuaskanataupunmerupakankeberhasilandarisuatuusahaatautindakan.SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmenunjangefektifitaspembelajaranKKPIadalahkooperatifpetakonsepdanmodelpembelajaranCTL(ContextualTeachingandLearning)dimanakeduametodepembelajarandapatmembuatsiswalebihaktifdanefektif.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanakhir/hasilbelajarsiswayangmenggunakanmetodepembelajarankooperatifpetakonsep(2)mendeskripsikankemampuanakhir/hasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranCTL(ContextualTeachingandLearning)(3)mendeskripsikanpengaruhefektifitaspembelajaranKKPIpadapokokbahasanmengoperasikanoperasisistemgraphicsuserinterfacedenganmenggunakanmetodekooperatifpetakonsepdanmodelpembelajaranCTL.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganpretesdanpostesnonequivalentcontrolgroupdesigndanjenispenelitiannyayaitukuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMKN1SingosariMalangsemestersatutahunajaran2010/2011.SampelpenelitianterdiridariduakelompokyaitukelasXTKB1sebagaikelaskontroldankelasXTKB2sebagaikelaseksperimen.PengambilansampelmenggunakanteknikPurposiveSampling(pertimbangantertentu).Instrumenpenelitianiniyaituinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenperlakuanberupaperangkatpembelajaran.Instrumenpengukuranberupainstrumentesdanlembarobservasi.Analisisstatistikkuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaandarihasilrata-ratatesawaldengantesrata-rataakhirdimanakelaseksperimenmeningkatdari6525menjadi7673atausebesar176%dankelaskontrolmeningkatdari6203menjadi7550atausebesar217%.KriteriaKetuntasanMinimal(KKM)untukkelaseksperimensebesar7640%dankelaskontrolsebesar8015%.SehinggadisimpulkanbahwapenerapanmetodekooperatifpetakonsepdanmodelpembelajaranCTLberpengaruhterhadapefektifitaspembelajaranKKPI.